<i>Preview</i> Piala AFF 2022 Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia: Lumbung Gol Skuad Garuda?
Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada lanjutan Piala AFF 2022. (Foto: Twitter @pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Indonesia akan memainkan pertandingan kedua fase grup Piala AFF 2022. Skuad Garuda akan melawan Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Senin, 26 Desember 2022 pukul 17.00 WIB.

Berikut ini adalah ulasan pertandingan itu. Pasukan Garuda seharusnya mengantongi tiga angka dengan mudah.

Skuad asuhan Shin Tae-yong sebelumnya telah mengamankan kemenangan melawan Kamboja di laga pertama Grup A pada Jumat, 23 Desember lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Meskipun sanggup mencatat kemenangan tipis 2-1, Shin Tae-yong tidak senang melihat performa anak asuhnya. Ia menilai timnya tampil mengecewakan dan seharusnya bisa membuat banyak gol.

"Saya marah karena pemain tidak bisa menunjukkan permainan yang seru kepada suporter. Kami pun seharusnya dapat mencetak gol lebih banyak," kata Shin seperti dikutip Antara.

Kemarahan itu wajar karena Indonesia sebenarnya mendominasi pertandingan sepanjang 2x45 menit. Mereka bahkan membuat delapan peluang tepat sasaran atau unggul enam dari lawan.

Untuk itu, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan diharapkan bisa lebih efektif di depan gawang pada laga kedua ini. Di atas kertas, Indonesia seharusnya bisa menang lebih banyak melawan Brunei.

Perkiraan itu melihat rekor Garuda melawan tim Negeri Petro Dollar sejauh ini. Dari sepuluh pertemuan sebelumnya di semua kompetisi, Indonesia tercatat mengantongi enam kemenangan, sera masing-masing dua kekalahan dan dua hasil seri.

Di tiga pertemuan terbaru, Indonesia bahkan berhasil menorehkan catatan clean sheet saat meraih tiga kemenangan beruntun terbaru. Total sebanyak 11 gol pun sukses dijaring oleh Garuda.

Selain dari itu, perjalanan Brunei di Piala AFF tahun ini pun tidak memuaskan sama sekali. Mereka masih menjadi juru kunci klasemen setelah tidak mendapat satu poin pun dari dua pertandingan yang sudah mereka lakoni.

Perjalanan Brunei dimulai dengan melawan Thailand pada Selasa pekan kemarin. Ketika itu, pasukan asuhan Mario Rivera Campesino itu ditekuk dengan skor telak lima gol tanpa balas.

Mereka juga kebobolan dengan jumlah gol yang sama saat bersua Filipina di laga kedua. Beruntung mereka bisa mencetak satu gol penghibur dalam pertandingan itu.

Prediksi susunan pemain Brunei Darussalam Vs Indonesia:

Brunei (4-4-2): Haimie Anak Nyaring; Abdul Muiz Sisa, Wafi Aminuddin, Awangku Yura Yunus, Fakharazzi Hassan; Nur Ikhwan Othman, Azwan Ali Rahman, Hakeme Yazid Said, Azwan Muhammad Salleh; Adi Said, Abdul Azizi.

Pelatih: Mario Rivera

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Yakob Sayuri, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Edo Febriansah; Syahrian Abimanyu, Marc Klok, Marselino Ferdinan; Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, Ilija Spasojevic.

Pelatih: Shin Tae-yong.