Profil Olivier Giroud, Eks Striker Arsenal yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Prancis
Olivier Giroud (Instagram.com/@oliviergiroud)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Olivier Giroud yang berhasil mencatatkan rekor baru ketika membela timnas Prancis di Piala Dunia 2022, menarik untuk disimak.

Dalam duel 16 besar Piala Dunia Qatar antara Prancis vs Polandia, Giroud berhasil mengantar Les Blues ke babak perempat final setelah menumbangkan Polandia dengan skor 3-1.

Dalam duel yang berlangsung di Al Thumama Stadium, Minggu 4 Desember 2022, Giroud berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-44. Dua gol berikutnya disumbang oleh Kylian Mbappe di menit 74’ dan 90+1’.

Sementara gol tunggal Polandia diciptakan oleh Robert Lewandowski pada menit ke-90+9.

Hasil ini mengantar Prancis ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Di saat yang sama, Giroud mencatatkan namanya dalam buku rekor! Dia didapuk menjadi pencetak gol terbanyak timnas Prancis sepanjang masa. Lantas, seperti apa sosok Olivier Giroud?

Profil Olivier Giroud

Olivier Giroud adalah pesepakbola asal Prancis yang bermain untuk klub Liga Italia, AC Milan. Ia memiliki keunggulan dalam hal kekuatan fisik serta tembakan kaki kiri yang mematikan.

Giroud mulai bermain sepak bola sejak tahun 1994. Kala itu, ia bergabung dengan klub sepak bola lokal, Olympique Club de Froges dan menghabiskan enam tahun pelatihan di klub tersebut sebelum akhirnya bergabung dengan klub profesional Grenoble ketika ia berusia 13 tahun.

Di Grenoble, ia bermain selama delapan tahun untuk tim junior dan meneken kontrak profesional pertamanya ketika berusia 21 tahun, sebagaimana dihimpun VOI dari berbagai sumber, Minggu, 18 Desember 2022. 

Sebelum memasuki musim 2005-2006, Giroud dipromosikan ke tim cadangan Grenoble yang bermain di Championat de France amateur 2. Di liga tersebut, ia membukukan 15 gol dari 15 pertandingan.

Atas capaiannya itu, pemilik nama asli Olivier Jonathan Giroud ini dipromosikan ke tim inti Grenoble. Selama membela tim inti, ia mencetak 45 gol dan tampil lima kali sebagai pemain pengganti.

Pada tahun 2007, Giroud meneken kontrak pinjaman dengan klub tiga Prancis, Istres FC. Di sana, ia diasuh oleh Frederic Arpinon dan berhasil mengasah kemampuannya sebagai striker.

Pada 28 Mei 2008, Giroud dikontrak selama tiga tahun oleh klub Liga II, Tours. Hanya dalam waktu setahun, Giroud sudah dipromosikan menjadi striker utama Tours, menggantikan Tenema N’Diaye yang bergabung degan klub Nantes FC.

Giroud menyelesaikan musim 2009/2010 dengan mencetak 24 gol dari 42 pertandingan.  

Pada Juli 2010, Olivier Giroud bergabung dengan klub Montpellier HSC. Ia memulai debutnya untuk Montpellier di babak kualifikasi ketiga Liga Eropa UEFA melawan klub asal Hungaria, Gyori ETO.

Setelah merampungkan musim 2010/2011 sebagai top skorer klub, pada tanggal 31 Mei 2011, Giroud menandatangani perpanjangan kontrak dengan Montpellier yang berlaku hingga 2014.

Pada 2012, Giroud hengkang dari Montpellier dan bergabung dengan Arsenal. The Gunners harus merogoh kocek 9,6 juta poundsterling untuk mengikat Giroud.

Ia memulai debutnya untuk Arsenal pada 18 Agustus 2012. Kala itu, ia tampil sebagai pemain pengganti di pertandingan melawan Sunderland.

Olivier Giroud
Olivier Giroud (Twitter @fifaworldcup)

Giroud mencetak gol pertamanya untuk Arsenal pada 26 September 2012 dalam laga melawan Coventry City di Piala Liga. Laga tersebut dimenangkan Arsenal dengan skor 6-1.

Selama lima setengah musim membela Arsenal, Giroud berhasil membukukan 105 gol dalam 253 penampilan di semua ajang. Tak hanya itu, ia juga mempersembahkan tiga trofi Piala FA dan tiga gelar Community Shield.

Pada 31 Januari 2018, Giroud dikontrak Chelsea. Gol pertama Giroud untuk Chelsea dicetak di putaran kelima Piala FA melawan Hull City.

Ketika membela The Blues selama tiga setengah musim, Giroud hanya bermain sebanyak 119 kali dan mengemas 39 gol.

Pada 2021, Giroud memutuskan untuk meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan AC Milan. Gol pertamanya untuk Milan dicetak saat melawan Cagliari. Kala itu, Milan menang dengan skor 4-1.

Pada tanggal 5 Februari 2022, Giroud mencetak dua gol untuk membantu timnya menang 1-2 melawan Inter di Derby della Madonnina. Giroud menjadi pemain Prancis pertama yang mencetak dua gol atau lebih di Serie A melawan Inter.

Demikian informasi seputar profil Olivier Giroud, eks striker Arsenal yang jadi top skor spanjang masa timnas Prancis.