BWF World Tour Finals 2022: Ginting Jumpa Axelsen di Laga Pamungkas
Tunggal putra Anthony Sinisuka Gintin (Foto: Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dipastikan bersua dengan wakil Denmark Viktor Axelsen di babak final BWF World Tour Finals 2022.

Ginting mencapai babak final ajang penutup musim itu setelah memulangkan kompatriotnya Jonatan Christie, sedangkan Axelsen menyusul usai menekuk wakil Jepang, Kodai Naraoka.

Ini merupakan final kedua Ginting di BWF World Tour Finals setelah mencapai babak yang sama pada 2019. Ketika itu, ia harus puas menjadi runner up setelah ditekuk Kento Momota.

"Ini final kedua saya di World Tour Finals setelah 2019. Pastinya mau lebih, belum puas. Masih ada tugas besok yang harus diselesaikan," kata Ginting usai laga dalam keterangan yang diterima.

Perjalanan pebulu tangkis 26 tahun asal Cimahi itu di tahun World Tour tahun ini cukup apik.

Ia sukses melewati babak grup dengan memenangi semua tiga pertandingan.

Ia mengawali perjalanannya mengalahkan Jonatan, lalu menekuk unggulan kedua asal Chinese Taipei Chou Tien Chen, dan terakhir menang atas juara dunia 2021 asal Singapura Loh Kean Yew.

"Dibanding pertemuan pertama dengan Jojo kemarin, rasanya lebih berbeda. Tekanan lebih tinggi, tegangnya lebih ada karena ini sudah semifinal. Pasti ekspektasi kita mau ke final," kata dia.

Di atas kertas, Anthony Ginting tidak diunggulkan melihat statistik pertemuan dengan Axelsen.

Laga final besok bakal menjadi pertemuan ke-15 antara kedua pebulu tangkis itu.

Di 14 pertemuan sebelumnya, Axelsen memimpin rekor menang-kalah 10-4.

Ginting tercatat kalah delapan kali beruntun (lima di tahun ini) sejak terakhir kali menang di Indonesia Masters 2020 lalu.