Piala Dunia 2022: Bungkam Australia 2-1, Argentina Ladeni Belanda di Perempat Final
Lionel Messi memecah kebuntuan Argentina pada menit 34 sekaligus membawa Albiceleste ke perempat final Piala Dunia 2022 menghadapi Belanda (Twitter @argentina)

Bagikan:

JAKARTA - Argentina mengawali petualangan babak knock-out di Piala Dunia 2022 dengan meladeni Australia di Stadion Ahmad Bin Ali di kota Rayan pada Minggu dini hari WIB. Albiceleste menang 2-1 lewat gol Lionel Messi dan Julian Alvarez sekaligus lolos ke babak perempat final. Sementara satu gol Socceroos dihasilkan dari gol bunuh diri Enzo Fernandez.

Pelatih Albiceleste, Lionel Scaloni memasang Alejandro "Papu" Gomez di posisi Angel Di Maria untuk menemani Lionel Messi dan Julian Alvarez di lini serang dalam laga kontra Australia. 

Papu menjadi satu-satunya pergantian pemain yang dilakukan pelatih Scaloni dari skuad terakhirnya saat melawan Polandia. Sementara itu, Di Maria, yang cedera pada pertandingan tersebut, tetap berada di bangku cadangan.

Australia juga membuat satu perubahan dari pasukannya yang mengalahkan Denmark, dengan membawa Keanu Baccus ke lini tengah untuk menggantikan Craig Goodwing, yang mencetak gol pertamanya di turnamen melawan Prancis.

Graham Arnold tetap memasang Milos Degenek untuk posisi bek kanan setelah merotasi Nathaniel Atkinson dan Fran Karacic pada tiga pertandingan terakhir mereka di fase grup.

Laga berjalan berat sebelah selama 20 menit pertama di mana Argentina terus menerus menggempur lini pertahanan Australia. Namun, berbagai percobaan Messi dkk kerap kali gagal lantaran sembilan pemain Socceroos turun ke dalam kotak penalti.

Pasukan Graham Arnold sempat balik mendominasi. Sundulan Harry Souttar dari tengah kotak penalti berhasil diblok para pemain bertahan Albiceleste.

Memanfaatkan situasi set piece, La Pulga akhirnya memecah kebuntuan Argentina pada menit 34. Menerima umpan Nicolas Otamendi, pemain Paris Saint-Germain itu membuka gembok Socceroos melalui tendangan kaki kirinya. 

Argentina memimpin satu bola hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Argentina menambah keunggulan pada menit 57. Memanfaatkan kesalahan kiper Socceroos Mathew Ryan, Julian Alvarez mencuri bola dan menceploskannya ke dalam gawang.

Menit 76, Socceroos berhasil memperkecil kekalahan  setelah tendangan Craig Goodwin memantul badan Enzo Fernandez dan dinyatakan sebagai gol bunuh diri gelandang Benfica itu.

Socceroos nyaris menyamakan keunggulan setelah solo run Aziz Behich berhasil mengecoh beberapa pemain bertahan Albiceleste. Beruntung, Lisandro Martinez dengan sigap mencegah bola mengarah ke gawang Emiliano Martinez. Skor 2-1 tidak berubah sampai wasit asal Polandia, Szymon Marciniak meniup peluit panjang.

Dengan kemenangan ini, di perempat final, Argentina akan meladeni Belanda yang mengalahkan Amerika Serikat 3-1 pada laga sebelumnya. Albiceleste dan Oranje akan mengulang laga perempat final Piala Dunia 1998 di Prancis dan semifinal Piala Dunia 2014 di Brasil. 

Susunan pemain

Argentina (4-3-3) : Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Gonzalo Montiel), Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Marcos Acuna (Nicolas Tagliafico); Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister (Exequiel Palacios); Alejandro "Papu" Gomez (Lisandro Martinez), Lionel Messi (kapten), Julian Alvarez (Lautaro Martinez).

Pelatih: Lionel Scaloni (Argentina)

Australia (4-4-2): Mathew Ryan (kapten); Milos Degenek (Frans Karacic), Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich; Mathew Leckie (Garang Kuol), Aaron Mooy, Jackson Irvine, Keanu Baccus (Ajdin Hrustic); Riley McGree (Craig Goodwin), Mitchell Duke (Jamie Maclaren).

Graham Arnold (Australia)