Piala Dunia 2022, Wales Vs Iran: 2 Gol Telat Team Melli Tumbangkan 10 Pemain The Dragons
Iran sukses mengalahkan 10 pemain Wales (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA — Wales ditekuk dua gol tanpa balas oleh Iran dalam laga kedua penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Ahmed bin Ali, Jumat, 25 November malam WIB.

Kekalahan ini membuat kans Wales menembus babak 16 besar turnamen empat tahunan ini pun menjadi kecil. Pasalnya, mereka harus menghadapi Inggris di laga terakhir untuk menentukan nasib mereka.

Di menit ke-12 Kieffer Moore membuang sebuah kesempatan besar! Dia menerima sebuah umpan crossing akurat di area penalti dan melepaskan tembakan cepat ke arah tengah gawang.

Sayang, usahanya untuk membawa Wales unggul belum cukup bertenaga Wales sehingga memungkinkan penjaga gawang tim lawan melompat dan lakukan penyelamatan dengan mudah.

Empat menit berselang, Ali Gholizadeh membobol gawang Wales untuk membawa Iran unggul. Ia mendapatkan ruang kosong dan meneruskan sebuah operan bagus dengan tendangan ke sisi kiri gawang.

Tapi, gol tersebut tidak disahkan wasit karena empunya sudah offside! Wasit Mario Escobar yang memimpin laga membatalkan gol tersebut setelah intervensi video assistant referee (VAR).

Tujuh menit sepulang dari kamar ganti Iran kembali kena apes. Sardar Azmoun seharusnya memecah kebuntuan andai tembakan yang ia lepaskan tidak meleset mengenai tiang gawang.

Bola muntah kemudian disambar oleh Ali Gholizadeh, tetapi lagi-lagi usaha itu kembali mengenai tiang kiri gawang. Sardar yang masih di kotak penalti lalu menyambar dengan gesit, tapi kali ini dengan mudah diamankan kiper.

Di menit ke-73 Iran mengancam lewat Saeid Ezatolahi dengan tembakan dari batas kotak penalti. Wayne Hennessey menggagalkan peluang itu untuk menghasilkan sepak pojok buat Iran.

Sebelas menit setelah itu, giliran Wales merespon lewat Ben Davies yang melepaskan tembakan bagus ke arah atap gawang. Beruntung refleks Hossein Hosseini bagus untuk menyelamatkan gawangnya.

Tiga menit sebelum waktu normal selesai, nahas menimpa Wales yang harus bermain dengan sepuluh orang. Kiper mereka Wayne Hennessey menerima kartu merah karena melakukan pelanggaran keras ke pemain lawan.

Iran pun sukses memanfaatkan kesempatan unggul jumlah pemain tersebut dengan baik. Tepat di akhir menit tambahan waktu babak kedua, mereka sukses mencetak gol pembuka kemenangan lewat Roozbeh Cheshmi.

Hanya berjarak dua menit, Iran pun langsung menambah keunggulan lewat Ramin Rezaeian. Kemenangan dua gol tanpa balas ini membuat Iran untuk sementara menduduki posisi kedua klasemen Grup B.

Susunan Pemain

Wales (3-5-2): Wayne Hennessey; Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Harry Wilson, Neco Williams; Gareth Bale, Kieffer Moore. Pelatih: Robert Page.

Iran (4-1-4-1): Seyed Hossein Hosseini; Milad Mohammadi, Morteza Pouraliganji, Majid Hosseini, Ramin Rezaeian; Saeid Ezatolahi; Mehdi Taremi, Ehsan Haji Safi, Ahmad Nourollahi, Ali Gholizadeh; Sardar Azmoun. Pelatih: Carlos Queiroz.