Jangan Sedih <i>Cules</i>, 3 Pemain Barcelona Juga Dapat Trofi di Malam Gala Ballon d'Or 2022
Gavi, Alexia Putellas dan Robert Lewandowski di malam gala Ballon d'Or 2022 (Instagram @barcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Malam gala penganugerahan Ballon d'Or digelar di Paris, Prancis pada Senin malam. Striker Real Madrid, Karim Benzema sukses meraih trofi paling bergengsi itu. Namun, tiga pemain Barcelona, juga berhasil mendapatkan trofi. Siapa aja mereka?

Striker Prancis, Benzema untuk kali pertama meraih trofi Ballon d'Or setelah penampilan ciamiknya sepanjang musim lalu. Rekan satu timnya, Thibaut Courtois, juga meraih Yashin Trophy karena aksi gemilangnya mengawal gawang Los Blancos.

Namun demikian, klub rival Barcelona tidak boleh berkecil hati. Paling tidak, tiga pemain mereka - dari kelompok putra dan putri juga berhasil meraih trofi.

Mengutip Marca, Alexia Putellas berhasil mendapatkan trofi Ballon d'Or putri. Ini adalah kemenangan kedua pemain timnas Spanyol itu setelah pada tahun lalu juga memenangkannya. Kemudian, ada nama Pablo Martín Páez Gavira atau Gavi yang jadi pemain muda terbaik. Gelandang Blaugrana ini berhak membawa pulang Kopa Trophy 2022.

Ketiga, striker Robert Lewandowski dianugerahi Muller Trophy 2022 sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dengan klubnya dan tim nasional selama satu musim.

Striker Barcelona itu mencatat penghitungan gol terbaiknya tahun lalu. Dia mencetak 50 gol untuk Bayern Munich di semua kompetisi - 35 di antaranya terjadi di Bundesliga, 13 di Liga Champions dan dua di DFL-Supercup. Jumlah itu belum ditambah tujuh gol yang dicetaknya bersama tim nasional Polandia.

Majalah France Football membuat penghargaan ini untuk menghormati Gerd Muller, yang meninggal pada Agustus 2021. Mantan striker Bayern Munich dan Jerman itu memenangkan Piala Dunia 1974.

Pada Mei 2021, Lewandowski memecahkan rekor yang dibuat Muller 49 tahun sebelumnya untuk rekor gol terbanyak yang dicetak dalam satu musim. Tahun lalu, Lewandowski menerima penghargaan Striker of the Year di Theatre Chatelet di Paris.

Striker Barcelona telah mencapai puncaknya musim ini, setelah mencetak 14 gol di semua kompetisi. Sejak bergabung dengan klub Catalan, Lewandowski tidak menyembunyikan keinginannya untuk memenangkan Ballon d'Or di masa depan.

Pemain internasional Polandia itu difavoritkan untuk memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2020, tetapi upacara itu dibatalkan karena pandemi COVID-19.