Jatuh di Hari yang Sama dengan Penobatan Raja Charles, Final Piala FA Terancam Ditunda
Piala FA. (Foto: Instagram.com/@emiratesfacup)

Bagikan:

JAKARTA - Final Piala FA yang akan digelar tahun depan terancam diundur. Hal ini berkaitan dengan penobatan Raja Charles.

Dikutip dari Daily Star, penobatan Raja Charles rencananya digelar pada hari Sabtu, 3 Juni 2023 dalam upacara di Westminster Abbey di London. Ternyata, final Piala FA juga akan dimainkan pada hari itu di Stadion Wembley.

Muncul spekulasi final Piala FA berpotensi mundur satu atau dua hari. Ada beberapa faktor yang menguatkan spekulasi ini.

Selain demi menghormati hari bersejarah untuk Raja Charles, final Piala FA harus mengubah tradisi jika tetap dimainkan pada hari yang sama.

Sejatinya Pangeran William akan hadir untuk memberikan medali kepada para pemain seusai final Piala FA. Tentunya, Pangeran William berpeluang besar absen karena mengikuti penobatan ayahnya.

Piala FA merupakan kompetisi sepak bola tertua di dunia yang sudah berusia 151 tahun. Kompetisi ini dinamakan dan dijalankan langsung Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang mengacu kepada klub-klub sepak bola pria yang ada di Inggris, sedangkan untuk wanita juga diadakan tetapi dengan nama yang berbeda.

Piala FA pertama kali diselenggarakan pada musim 1871-72. Turnamen ini terbuka untuk semua tim yang berlaga di Liga Primer, Football League, Football Conference dan klub-klub Step 3-5 serta beberapa klub Step 6 terpilih dari Sistem Liga Nasional.

Liverpool merupakan juara bertahan setelah mengalahkan Chelsea pada final 2022.