Kehadiran Pelatih dari Kanada Bikin Petinju Berbakat Indonesia Makin Berkilau
Pelatih asal Kanada David John Treharnem (kiri) mendampingi Jon Jon Jet dalam sesi latihan. (Foto via ANTARA/XBC Sportech)

Bagikan:

JAKARTA - Dua petinju potensial milik Indonesia, Jon Jon Jet dan Ilham Leoisa, kian meningkat kemampuannya. Hal ini tak lepas dari kehadiran pelatih asal Kanada, David John Treharnem.

Berkat polesan David John, kedua petinju tersebut kini kian matang dan semakin siap untuk menghadapi perebutan gelar juara WBC Asia di Wold Siam Stadium, Bangkapi, Bangkok, Thailand, 14 Oktober nanti.

David John mengatakan, saat pertama melihat Jon dan Ilham, dia tak yakin kedua petinju siap untuk bertarung dalam perebutan gelar juara. Namun, kini pandangannya jauh berbeda.

"Mereka mau bekerja keras dan sudah menunjukkan peningkatan pesat di pekan kedua," kata David John, seperti dilansir dari Antara.

"Dengan kondisi sekarang, saya yakin mereka tak akan kesulitan bertarung delapan ronde dan mengalahkan lawan-lawan mereka," lanjutnya.

Jon mengaku mendapatkan ilmu baru dari sang pelatih. Tak hanya teknik, tapi juga strategi.

Dia mengakui, latihan pada pekan pertama berjalan sabgat berat. "Namun setelah itu sangat terasa manfaatnya," kata Jon.

Perlu diketahui, Jon akan menghadapi Yutthichai Wannawong untuk titel lowong WBC Asia Continental kelas bantam super.

Sementara Ilham bakal adu jotos dengan Poramin Saengpak untuk gelar lowong serupa di divisi welter.

CEO XBX Sportech, Urgyen Rinchen Sim, selaku promotor keduanya, mengatakan alasan memilih lawan yang berpengalaman dan berperingkat jauh lebih baik untuk Jon.

"Ini agar petinju kami bisa meningkat kemampuan dan juga mentalnya. Jika menang dari petinju yang lebih baik, peringkatnya juga akan naik," tutur pria yang akrab disapa Simon itu.

"Nantinya merka akan siap bertarung di level tertinggi. Semua itu proses yang harus dijalani karena kami tak ingin instan," lanjutnya.