10 Negara dengan Suporter Sepak Bola Paling Fanatik di Dunia, Indonesia Masuk?
Ilustrasi supporter sepak bola yang fanatik (Unsplash-@yer_a_wizard)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Fanatisme suporter terhadap sepak bola bukan hal baru. Banyak para penggemar sepak bola yang sangat fanatik dengan klub kesayangan mereka. Fanatisme sepak bola tidak hanya terjadi di Indonesia. Ada banyak negara dengan suporter sepak bola paling fanatik di dunia, yakni sebagai berikut.

Indonesia

Indonesia ternyata banyak disebut sebagai negara yang memiliki suporter sepak bola paling fanatik di dunia. Fanatisme sepak bola di Indonesia bahkan bukan hal baru. Tingkat kefanatikan suporter di Indonesia bahkan bisa membuat sesama masyarakat saling tawuran.

Dikutip dari beberapa sumber, legenda sepak bola dari Jerman Franz Beckenbauer bahkan sempat kaget setelah melihat video tawuran suporter Indonesia hanya karena sepak bola.

Inggris

Inggris juga dikenal sebagai negara yang memiliki fanatisme sepak bola yang tinggi. Banyak suporter yang saling ejek saat dua tim saling bertanding. Terlebih saat dua klub sepak bola yang saling bermusuhan sejak lama, hubungan antar suporter bisa memanas seperti suporter Manchester City dan Manchester United.

Brazil

Masyarakat di Brazil juga menggemari sepak bola. Tak hanya jadi negara yang gemar sepak bola, Brazil juga tercatat berhasil melahirkan beberapa pesepakbola yang legendaris di tingkat dunia salah satunya Ronaldo Assis de Moreira atau Ronaldinho.

Jerman

Sepak bola dari Jerman memang sangat diperhitungkan di kancah dunia. Tidak hanya tim sepak bolanya, para suporter di Jerman juga cukup loyal. Salah satu suporter yang fanatik adalah Die Borussen, julukan untuk penggemar Dortmund. Mereka bahkan punya tribun sendiri untuk menampilkan koreografi sebagai wujud dukungan mereka untuk tim.

Prancis

Masyarakat di Negara Prancis juga memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap sepak bola. Terlebih mereka memiliki talenta sepak bola yang cukup sukses seperti Kylian Mbappe, Raphael Varane, Paul Pogba, dan masih banyak lagi. Meski demikian fanatisme masyarakat terhadap sepak bola tidak sampai menimbulkan korban jiwa seperti di Indonesia.

Argentina

Negara asal legendaris sepak bola Diego Maradona ini juga memiliki fanatisme tinggi dalam hal sepak bola. suporter sepak bola di Argentina menganggap bahwa kemenangan tim adalah harga mati. Banyak juga insiden yang memakan korban karena sepak bola.

Italia

Negara yang terkenal karena serial film God Father ini juga memiliki penggemar sepak bola yang fanatik. Hampir setiap klub bola punya suporter garis keras (ULTRAS). Beberapa klub besar yang dimiliki Italia seperti Juventus, Inter Milan, Roma, dan masih banyak lagi.

Spanyol

Tak usah diragukan lagi, Spanyol jadi salah satu negara yang cukup mengagung-agungkan sepak bola. Seperti negara lain, Spanyol punya beberapa klub besar seperti Barcelona dan Real Madrid.

Jepang

Negara ini pernah menyelenggarakan piala dunia pada tahun 2002. Hal itu tidak lepas dari besarnya animo masyarakat Jepang terhadap sepak bola. Salah satu klub yang memiliki suporter fanatik di Jepang adalah Gamba Osaka. Militansi mereka cukup besar demi mendukung tim kesayangan mereka.

Malaysia

Malaysia jadi salah satu negara di Asia yang punya ketertarikan tinggi terhadap sepak bola. Bahkan timnas Malaysia selalu jadi lawan yang sulit untuk timnas Indonesia dalam kejuaraan tingkat Asia maupun dunia.

Itulah beberapa negara yang memiliki suporter sepak bola paling fanatik di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.