Timnas Indonesia Hajar Guam 14-0 di Laga Perdana Kualifikasi Piala Asia U-17, Persembahan untuk Para Korban Tragedi Kanjuruhan
Pemain timnas Indonesia u-17. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia memenangi laga perdana Grub B kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Senin, 3 Oktober. Skuad Garuda Asia menang telak 14-0 atas Guam di Stadion Pakansari, Bogor.

Kemenangan ini dipersembahkan tim asuhan Bima Sakti tersebut untuk para korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Seperti diketahui, tragedi yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober itu, telah memakan banyak korban. Tercatat lebih dari 100 orang dinyatakan meninggal dunia.

"Kami sedih karena korban begitu banyak. Kami berharap kejadian itu yang menjadi yang terakhir," ujar Bima dalam konferensi pers seusai laga, seperti dikutip dari Antara.

Juru taktik berusia 46 tahun itu pun mengajak semua pihak untuk mengambil pelajaran dari peristiwa menyedihkan tersebut. Dia juga berharap, apa yang terjadi di Kanjuruhan Malang bisa mendewasakan para suporter.

"Itu demi kemajuan sepak bola kita," tutur Bima.

Tak hanya mempersembahkan kemenangan untuk para korban, para pemain Indonesia juga melakukan beberapa aksi yang menunjukkan rasa empati. Seperti tidak merayakan gol secara berlebihan.

Menurut Arkhan Kaka yang membuat empat gol ke gawang Guam, kebijakan tanpa selebrasi adalah hasil kesepakatan tim. "Kita sekarang sedang berduka, jadi selebrasi gol sewajarnya saja. Di samping menghormati para korban, kami juga berterima kasih kepada Tuhan yang memberikan kemenangan," kata Arkhan.

Dalam laga ini, Garuda Asia juga menggunakan pita hitam di lengan mereka sebagai tanda berduka. Laga juga dimulai dan diakhiri dengan mengheningkan cipta untuk menghormati para korban.

Sementara itu, kemenangan ini membuat Indonesia untuk sementara berada di posisi kedua klasemen Grup B dengan tiga poin dari satu laga. Sementara posisi puncak diisi Uni Emirat Arab (UEA) yang sudah mengoleksi enam poin hasil dari dua kemenangan.