Hukuman Penalti 5 Detik Tak Mengugurkan Kemenangan Sergio Perez di F1 GP Singapura
Pebalap Red Bull Racing F1, Sergio Perez. (Foto: Twitter @redbullracing)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Red Bull Racing, Sergio Perez, dinyatakan tetap sebagai pemenang balapan F1 GP Singapura. Hukuman penalti lima detik yang diterimanya tak mengugurkan kemenangan itu.

Pebalap asal Meksiko ini dinilai melanggar prosedur periode safety car saat balapan di Sirkuit Marina Bay tersebut.

Dia dianggap gagal menjaga posisinya dalam jarak 10 mobil dengan safety car yang keluar menyusul insiden Yuki Tsunoda. Pebalap AlphaTauri itu menabrak pagar pembatas pada lap ke-36.

Perez sebelunya sudah mendapat teguran karena melakukan hal yang sama saat safety car pertama kali keluar akibat tabrakan antara Zhou Guanyu dengan Nicholas Latifi pada lap ke-10.

Meski mendapat penalti lima detik, Perez tetap dinobatkan sebagai pemenang. Pasalnya dia berselisih 7,595 detik dari pebalap Ferrari, Charles Leclerc yang finis di posisi kedua.

"Tentunya ini performa terbaik saya. Saya mengendalikan balapan, beberapa lap terakhir memang sangat intens," ujar Perez, seperti dikutip Antara.

"Saya mengerahkan segalanya untuk memenangi balapan hari ini," lanjutnya.

Kemenangan Perez ini membuat Max Verstappen harus menunda pesta juara dunia F1 2022. Dia membuang kesempatan setelah hanya finis di posisi ke-7.

Saat ini, pebalap asal Belanda itu terpaut 104 poin dari Leclerc yang ada di posisi kedua. Sementara dengan Perez yang ada di posisi ketiga, dia unggul 106 poin.