Timnas Bosnia Bakal Hadapi Rusia di Laga Persahabatan, Dzeko dan Pjanic Mengecam Bahkan Mau Memboikot
Timnas Bosnia. (Foto: Twitter @NFSBiH)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Bosnia (NFSBiH) membuat keputusan mengejutkan. Mereka menerima tawaran untuk menggelar pertandingan persahabatan melawan Rusia.

Keputusan NFSBiH itu membuat beberapa pemain bintangnya marah besar. Bahkan, Edin Dzeko dan Miralem Pjanic mengancam akan memboikot pertandingan itu.

Rencananya, timnas Bosnia akan memainkan pertandingan persahabatan melawan Rusia di St Petersburg pada 19 November. Pertandingan itu akan berlangsung saat Piala Dunia, karena kedua tim memang tak lolos.

Namun, Dzeko dipastikan tak akan berada di sana untuk mengikuti pertandingan timnas Bosnia. Dia menentang karena Rusia saat ini diskors dari kompetisi FIFA dan UEFA tanpa batas waktu menyusul invasi Vladimir Putin ke Ukraina.

"Saya menentang permainan ini! Saya selalu dan hanya bermain untuk perdamaian. Asosiasi tahu pendapat saya!" ujarnya kepada Klix.

"Sayangnya, saya bukan orang yang membuat keputusan dengan siapa Bosnia dan Herzegovina akan bermain, tetapi saya memiliki posisi yang jelas dan yang tidak termasuk memainkan pertandingan ini, sementara orang-orang yang tidak bersalah menderita."

"Saya berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Ukraina di masa-masa sulit ini bagi mereka," lanjutnya.

Pjanic yang meninggalkan Barcelona ke Sharjah FC awal pekan ini, sepakat dengan kompatriotnya itu. Menurutnya, keputusan itu salah besar.

"Saya tidak bisa berkata-kata. Di Asosiasi Sepak Bola nasional, mereka tahu apa yang saya pikirkan," cetusnya.

Rusia belum pernah bermain sejak kekalahan 1-0 dari Kroasia pada 14 November tahun lalu.

Sebelum Rusia disanksi FIFA, ada beberapa negara yang sudah menolak bertanding dengan mereka. Di antaranya Polandia, Swedia dan Republik Ceko yang semua menolak untuk bermain melawan Rusia di kualifikasi Piala Dunia 2022.