Bintang Timnas Putri Inggris di Euro 2022 Ellen White Sempat Dilarang Bermain Ketika Berusia 9 Tahun
Pemain timnas putri Inggris, Ellen White. (Foto: Instagram @ellsbells89)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Putri Inggris menjuarai Euro 2022 setelah mengalahkan Jerman, Minggu, 31 Juli, lalu. Ellen White menjadi salah satu bintang yang dinilai punya peranan dalam kesuksesan Inggris.

Ada cerita menarik di balik sosok Ellen White. Siapa sangka, wanita berusia 33 tahun itu sempat dilarang bermain sepak bola semasa kecilnya.

Hal ini terungkap setelah muncul di media sosial foto halaman depan sebuah media yang memberitakan fakta tersebut. Itu terjadi pada tahun 1998 saat Ellen masih berusia 9 tahun.

Kala itu, dia dilarang bermain di liga lokal untuk anak laki-laki. Padahal faktanya, dia sudah menjadi anggota akademi tim putri Arsenal.

Sampul depan koran The Bucks Herald edisi 23 September 1998 itu menampilkan foto Ellen yang tampak murung dengan seragam Gunners. Berita tersebut kemudian diberi judul "Sepak bola perempuan dilarang oleh liga untuk anak laki-laki".

Ada potongan kutipan yang mengungkapkan kekecewaan sang pemain kala itu. "Ellen baru berusia sembilan tahun dan tidak dapat memahami mengapa dia tidak bisa bermain sepak bola," tulis media tersebut.

Salah satu mantan gurunya di The Grange School, Aylesbury, menjelaskan bahwa pihak sekolah tidak memasukkan sepak bola putri dalam kurikulum mereka. Itu alasan kenapa mereka juga tak memiliki tim putri.

"Tetapi dia selalu bermain sepak bola dengan anak laki-laki dan menyukai semua olahraganya," ujar sang guru, seperti dilansir Daily Star.

Setelah meninggalkan Arsenal pada usia 16 tahun untuk bergabung dengan Chelsea, White kemudian menjadi bintang bagi sejumlah klub. Sempat kembali ke Arsenal, dia kemudian bergabung dengan Notts County dan Manchester City, timnya saat ini.

Dia juga telah memenangkan 113 caps untuk timnas putri Inggris dan mencetak 52 gol internasional.