Bagikan:

JAKARTA - Striker Cole Palmer dan gelandang Phil Foden absen memperkuat Inggris yang akan menghadapi dua laga UEFA Nations League melawan Irlandia dan Finlandia. Sebelumnya, bintang Real Madrid Jude Bellingham juga sudah tak masuk skuat.

Beban tak ringan manajer sementara Lee Carsley saat mengawali tugas menangani tim nasional Inggris. Carsley, manajer timnas U-21, ditetapkan sebagai manajer sementara saja setelah Gareth Southgate mengundurkan diri usai Euro 2024.

Belum ada sosok pengganti Southgate meski sudah muncul sejumlah kandidat. FA pun menunjuk Carsley menangani timnas senior yang melakoni dua laga di League B Grup 2 Nations League.

Carsley melakukan debut saat Inggris melakoni laga tandang melawan Irlandia di Stadiion Aviva, Jumat, 7 September 2024 malam WIB. Selanjutnya Inggris menjamu Finlandia di Stadion Wembley, Rabu, 11 September 2024 dini hari WIB.

Hanya Carsley sudah harus kehilangan sebagian pemain pilar yang sukses membawa The Three Lions menjadi runner up Euro 2024. Bellingham sudah pasti absen karena cedera betis saat menjalani latihan di Madrid.

Akibat cederanya, Bellingham harus menepi selama satu bulan. Dia sudah tidak memperkuat Madrid di tiga pertandingan La Liga Spanyol, Real Valladolid, Las Palmas dan Real Betis.

Selain Bellingham, Inggris tidak akan diperkuat Foden. Gelandang Manchester City ini tak kunjung pulih kebugarannya usai membela Inggris di Jerman. Foden hanya sekali bermain saat Man City menang 2-0 atas Chelsea di laga perdana Premier League Inggris. Pemain terbaik Inggris 2023/2024 ini pun hanya bermain selama 45 menit.

Sakit yang dideritanya membuat Foden harus berisirahat. Bahkan pada laga terakhir saat menang 3-1 atas tuan rumah West Ham United, pemain berusia 24 ini tidak dibawa ke London. Manajer Pep Guardiola hanya menyebutkan Foden terserang virus di bagian perut.

Inggris juga tidak diperkuat Palmer dan striker Aston Villa Ollie Watkins yang menjalani rehabilitasi. Menariknya, Palmer bermain penuh selama 90 menit saat Chelsea bermain imbang 1-1 melawan Crystal Palace pada laga terakhir di Liga Inggris, akhir pekan lalu.

Namun Palmer sesungguhnya sudah mengalami cedera hamstring saat berlaga di Conference Europa League melawan Servette. Meski tetap dimainkan melawan Palace, dia kemudian menjalani proses pemulihan.

Sedangkan Watkins masih sempat bermain saat Villa menang 2-1 atas Leicester City. Hanya, dia kemudian ditarik keluar dan digantikan Jhon Duran.

"Dia [Palmer] sepertinya memang tidak dalam kondisi terbaik. Saya tidak tahu pasti apakah ini menyangkut soal kebugaran dia", kata Carsley.

Carsley sendiri tidak akan memanggil pemain untuk menggantikan mereka yang absen. Ini membuka peluang pemain debutan Morgan Gibbs-White dan Noni Madueke bakal tampil. Carsley membawa sebagian pemain dari timnas U-21 yang ditanganinya untuk masuk skuat senior.

Selain Gibbs-White dan Madueke, ada Angel Gomes dan Tino Livramento. Mereka bersama Palmer yang sudah lebih dulu masuk timnas senior membawa Inggris memenangi Euro 2023 U-21.

Mereka bergabung dengan pemain senior, Harry Kane, yang menjadi andalan di lini depan. Sedangkan bek Harry Maguire yang absen di Euro 2024 karena cedera kembali masuk skuat bersama Jack Grealish.