Si Cantik Alessia Russo, Supersub Terbaik dalam Sejarah Timnas Inggris yang Disejajarkan dengan Lionel Messi
Pemain timnas putri Inggris, Alessio Russo. (FOTO/INSTAGRAM @alessiarusso99)

Bagikan:

JAKARTA - Pesepak bola cantik timnas wanita Inggris Alessio Russo kini menjadi supersub atau pemain pengganti dengan rasio gol terbaik dalam sejarah sepak bola Inggris.

Pemain 23 tahun itu turut menyumbang satu gol ketika Inggris menggilas Swedia 4-0 di semifinal Euro 2022 di Bramall Lane pada Rabu, 27 Juli kemarin.

Di laga itu, Russo masuk menggantikan Ellen White di menit ke-57 saat Inggris sudah memimpin 2-0 atas tim lawan. Ia kemudian mencetak gol ketiga The Lionessess hanya sebelas menit berada di lapangan.

Gol tersebut dijaring dengan begitu indah menggunakan tumit (backheel). Bola meluncur datar melewati selangkangan kiper Swedia Hedvig Lindahl sebelum Inggris menutup pesta gol keempat lewat Francesca Kirby.

Itu merupakan gol keempat Russo di kompetisi ini. Ia masuk dalam persaingan menjadi top skor bersama kompatriotnya Beth Mead dan Alexandra Popp (Jerman) yang masing-masing sudah mencetak enam gol.

Russo dan Mead berpeluang mendapat sepatu emas jika bisa menambah pundit gol mereka di partai final pada Minggu nanti. Inggris akan berusaha membawa pulang trofi pertama di ajang ini setelah menjadi runner up di tahun 1984 dan 2009.

Penampilan apik melawan Swedia membuat mantan pemain Arsenal Ian Wright menyamakan Russo dengan Lionel Messi.

"'Lessi', bukan Messi, untuk apa yang telah dia [Russo] lakukan setelah masuk. Saya tidak tahu apa yang harus dia lakukan untuk memulai permainan. Improvisasinya fantastis," ujar Ian dilansir Daily Star.

Russo kini bukan sekedar tokoh yang gembar-gembor kemudian melempem (flash-in-the-pan). Gol itu membuat ia menjadi pemain pengganti dengan rasio gol terbaik mengalahkan nama-nama seperti Michael Owen.

Menurut catatan AceOdds, Russo kini menjadi pencetak gol paling produktif sebagai pemain pengganti Inggris yang pernah ada. Rasio gol Russo sebagai pemain pengganti adalah 0,70, mengalahkan Owen (0,40) dan Harry Kane (0,24).

Russo menempati tempat pertama mencetak gol setiap 39 menit sebagai pemain pengganti. Edin Dzeko di tempat kedua setiap 89 menit sedangkan Ole Gunnar Solskjaer setiap 93 menit bersama dengan Javier Hernandez.

Kebintangan Russo juga bukan sekedar karena ia menjadi supersub di permainan. Ia merupakan keturunan keluarga kaya dari kakek orang Sisilia, Italia, yang hijrah ke Inggris pada tahun 1950-an.

Keluarga Russo dikenal begitu akrab dengan sepak bola dari ayahnya yang bermain untuk Polisi Met. Sementara itu, saudara laki-lakinya Giorgio bermain di kompetisi non liga bersama Ramsgate di Kent.

Russo memulai kariernya bersama Bearsted Girls sebelum bergabung ke Charlton Athletic. Ia lalu merapat ke Chelsea dan kemudian merapat ke Brighton pada tahun 2017 dan mencetak tiga gol dalam tujuh pertandingan di sana.

Setelah itu, dia bergabung dengan North Carolina Tar Heels di Amerika. Di sana dia mencetak total 28 gol dan sebulan setelah meninggalkan klub itu dia menandatangani kontrak dua tahun dengan klub impiannya Manchester United.

Musim lalu bersama Setan Merah ia mencetak 11 gol dalam 30 penampilan di semua kompetisi. Pencapaian itu membuat dirinya mendapat penghargaan Player of the Year tim.