Malaysia Masters 2022: Bungkam Wakil Tuan Rumah, Fajar/Rian Ciptakan <i>All Indonesian Final</i> di Sektor Ganda Putra
Pasangan Fajar/Rian menciptakan All Indonesian Final di Malaysia Masters 2022. (Foto: Twitter.com/INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih tiket ke final Malaysia Masters 2022, Sabtu, 9 Juli. Hasil ini menciptakan All Indonesian Final di sektor ganda putra.

Tampil di Axiata Arena, Malaysia pada Sabtu, 9 Juli malam WIB, Fajar/Rian menang setelah melewati duel 50 menit melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Melewati tiga gim yang sengit, Fajar/Rian menang 21-14, 19-21 dan 21-10

Pada gim pertama Fajar/Rian tampil meyakinkan karena mampu mengumpulkan poin lebih dulu, situasi ini membuat mereka tampil lebih percaya diri melawan Aaron/Soh. Meski sempat dikejar beberapa poin tapi Fajar/Rian akhirnya menang di gim pertama 21-14.

Sementara pada gim  kedua, giliran wakil Malaysia yang berusaha mengejar ketertinggalan. Fajar/Rian yang mencari celah justru kecolongan di interval pertama dengan skor 11-5 hingga Aaron/Soh terus menjauh dan menang di gim kedua dengan keunggulan 19-21.

Saat gim penentuan, Fajar/Rian kembali mencuri keunggulan pada poin-poin awal. Wakil Indonesia ini bahkan melesat jauh dari perolehan poin tuan rumah dengan unggul 11-2 di interval ketiga.

Dengan jarak poin yang cukup jauh, peluang Fajar/Rian untuk mengamankan tiket ke final semakin terbuka lebar. Hal ini makin didukung dengan beberapa kesalahan Aaron/Soh yang akhirnya membawa Fajar/Rian menang 21-10.

Di final, Fajar/Rian akan menghadapi senior mereka, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. The Daddies mengalahkan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang, di semifinal.

Secara rekor pertemuan di pertandingan resmi, Hendra/Ahsan unggul tipis dari Fajar/Rian. The Daddies menang dua kali, sementara Fajar/Rian baru sekali menang.

Pertemuan terakhir kedua pasangan terjadi di Indonesia Masters 2020. Kala itu, Hendra/Ahsan menang dengan skor 21-12, 18-21 dan 21-17.

Tak hanya Fajar/Rian dan Hendra/Ahsan, Indonesia juga meloloskan dua wakil di final Malaysia Masters. Mereka adalah Chico Aura Dwi Wardoyo di tunggal putra dan Rinov Rivaldy/Pitha Mentari di sektor ganda campuran.