Kejutan! Gregoria Tekuk Akane Yamaguchi untuk Rebut Tiket ke Babak Kedua Malaysia Open 2022
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA — Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung sukses mencapai babak kedua Malaysia Open 2022. Ia menumbangkan pebulu tangkis nomor satu dunia Akane Yamaguchi.

Gregoria membuat kejutan dengan bermain hanya dalam waktu 27 menit untuk mengantongi tiket babak 16 besar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa, 28 Juni. Ia menyingkirkan wakil Jepang itu straight set, 21-14 dan 21-14.

Di atas kertas, Gregoria sebenarnya tidak diunggulkan melawan pebulu tangkis 25 tahun itu. Pasalnya, catatannya menang-kalahnya dengan Yamaguchi 1-8 sebelum kemenangan ini.

Meski demikian, Gregoria berhasil tampil apik dalam pertandingan ini. Ia langsung mencuri start apik dengan menghasilkan tiga poin beruntun pada awal gim pertama dan memimpin 11-4 pada interval.

Setelah jeda, Gregoria sama sekali tidak memberi kesempatan bagi lawannya untuk leluasa mencetak poin. Empat angka beruntun sukses ia panen untuk menjauh sebelum memenangi laga dengan gap besar tujuh angka.

Di gim kedua Gregoria kembali melanjutkan performa bagus dari gim pertama. Ia sukses mendapat tiga angka beruntun sebelum Yamaguchi mengidentikan skor 6-6.

Meski demikian, Gregoria hanya kehilangan satu angka saja setelah itu untuk memimpin pada saat rehat. Setelah jeda, pebulu tangkis asal Wonogiri itu lagi-lagi langsung menelurkan tiga angka berturut-turut dan berhasil menutup laga dengan skor identik gim pertama.

Di babak kedua nanti, Gregoria akan menghadapi salah satu wakil China antara He Bingjiao atau Wang Zhi Yi. Kedua pebulu tangkis itu sedang berusaha merebut tiket babak kedua saat berita ini ditulis.