Arsenal Datangkan Raja Assist Portugal, Diharapkan Bisa Menjadi "Pelayan" Striker Muda Meriam London
Pemain anyar Arsenal, Fabio Vieira. (FOTO/INSTAGRAM @fabiodvieira)

Bagikan:

JAKARTA — Arsenal resmi mendapat tanda tangan gelandang Porto Fabio Vieira. Pemain 22 tahun itu datang dengan status sebagai raja assist di tim Portugal itu.

The Gunners mengumumkan rekrutan anyar mereka tersebut pada Selasa, 21 Juni malam WIB. Untuk mengamankan jasa sang pemain, tim London itu menggelontorkan dana sebesar 40 juta euro atau Rp625 miliar.

”Fabio adalah pemain yang sangat kreatif yang akan membawa kualitas tinggi dan keserbagunaan untuk permainan menyerang kami,” kata manajer Arsenal, Mikel Arteta, dilansir dari BBC Sport.

Klub tidak merinci durasi kontrak yang disodorkan untuk pemain internasional Portugal itu. Namun, media-media Inggris menyebut Fabio diikat dengan kontrak berdurasi panjang sampai 2027.

Fabio belakangan muncul sebagai salah satu bintang muda paling berbakat di Eropa. Musim lalu ia bahkan tampil mengesankan bersama Porto di liga dengan membukukan jumlah assist lebih dari separuh penampilannya.

Dia mencetak enam gol dan memberikan 14 assist dalam 27 pertandingan Liga Primeira Portugal untuk membantu Porto mengklaim gelar liga. Jumlah assist itu merupakan yang terbanyak di kompetisi dibanding pemain lain.

Sampai saat ini ia belum pernah memperkuat tim senior Portugal. Namun, terpilih sebagai pemain terbaik turnamen di Kejuaraan U-21 Eropa tahun lalu.

”Fabio adalah pemain dengan kualitas khusus yang nyaman dengan bola di sepertiga akhir lapangan,” ujar direktur teknis Arsenal, Edu.

Dengan statistik yang dimiliki tersebut maka kedatangan Fabio bakal memberi kemudahan terhadap penyerang-penyerang Arsenal. Terlebih striker-striker muda seperti Nicolas Pepe, Eddie Nketiah, Reiss Nelson, dan Gabriel Martinelli.