Bagikan:

JAKARTA - Education City Stadium adalah satu dari delapan stadion yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 di Qatar. Berikut ini adalah lima fakta penting tentang Education City Stadium dikutip dari laman resmi Piala Dunia 2022 Qatar:

'Berlian di Gurun' Qatar

Education City Stadium menampilkan segitiga yang membentuk pola geometris kompleks seperti berlian yang tampak berubah warna dengan pergerakan matahari melintasi langit. Seperti berlian, desain stadion mewakili kualitas, daya tahan, dan ketahanan – dan akan menjadi sesuatu yang berharga, baik untuk kenangan yang dimilikinya maupun nilai masa depannya bagi negara.

Tuan rumah babak perempat final

Selama Qatar 2022, stadion ini akan menjadi tuan rumah hingga pertandingan babak perempat final. Kapasitas tempat duduk stadion selama turnamen adalah 40 ribu. Setelah Qatar 2022, kapasitasnya akan dikurangi menjadi 20 ribu setelah penghapusan tingkat atas modular. Komite Tertinggi untuk Pengiriman & Warisan (SC) berencana untuk menyumbangkan kelebihan kursi ke negara-negara yang kekurangan infrastruktur olahraga – yang berarti warisan Qatar 2022 akan terasa jauh dan luas.

Terletak di jantung pusat pendidikan dan penelitian Qatar

Education City Stadium adalah rumah dari Qatar Foundation for Education, Science and Community Development (QF). Terletak di dalam Kota Pendidikan yang merupakan universitas terkemuka, bersama dengan lembaga penelitian dan pengembangan. Selain menjadi tuan rumah pertandingan selama Qatar 2022, Qatar berharap stadion ini akan menyediakan fasilitas olahraga untuk seluruh komunitas, termasuk fakultas dan mahasiswa, dengan SC mengubah bagian stadion menjadi ruang kelas dan ruang acara untuk sekolah dan universitas QF setelah turnamen.

Venue pertama Qatar 2022 yang mencapai peringkat keberlanjutan 5*

Stadion ini mencapai peringkat 5* di bawah Sistem Penilaian Keberlanjutan Global untuk desain dan pembangunannya. Berbagai fitur keberlanjutannya mencakup akses langsung ke transportasi umum, bahan dalam ruangan dengan toksisitas rendah, dan pencahayaan olahraga LED. Selain itu, 85 persen bahan bangunan berasal dari daerah, sementara 29 persen dihasilkan dari bahan daur ulang. Stadion ini juga menawarkan sensor karbon dioksida untuk ruang kepadatan penghuni yang tinggi untuk memastikan ventilasi dan kualitas udara dalam ruangan, dan desain irigasi hemat air untuk meminimalkan konsumsi air lanskap.

Doha Metro menawarkan akses langsung untuk para penggemar

Akses mudah ke stadion disediakan oleh Doha Metro. Stasiun Kota Pendidikan – di Jalur Hijau – terletak hanya 500 m dari tempat acara. Satu tiket di Metro Doha adalah 0,82 dolar AS, sedangkan tiket masuk sehari berharga 2,47 dolar AS.