Portugal Kalah 0-1 dari Swiss, Penyesalan Fernando Santos: Sebuah Gol Cepat Mengubah Permainan
Timnas Portugal kalah dari Swiss. (Foto: uefa.com)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, sangat kecewa dengan kekalahan 0-1 timnya dari Swiss di pertandingan keempat Grup A2 UEFA Nations League. Dalam pertandingan Senin, 13 Juni dini hari WIB, Santos menyesalkan gol cepat lawan yang kemudian mengubah permainan timnya.

“Sebuah gol kebobolan dalam waktu 60 detik akhirnya mengubah permainan dan membuat tim membutuhkan waktu untuk menemukan diri mereka sendiri,” kata Santos soal jalannya laga dikutip dari laman resmi UEFA.

Kekalahan yang diderita Portugal di Stade de Geneve itu tercipta setelah gol Haris Seferovic menggetarkan gawang yang dijaga Rui Patricio saat laga baru saja berlangsung satu menit.

Pada menit ke-18 tim juara UEFA Nations League 2018/2019 itu sejatinya mampu menyamakan kedudukan lewat Rafael Leao. Namun gol tersebut dianulir karena terlebih dahulu terjebak offside.

Situasi ini kemudian membuat Portugal harus berupaya tampil lebih keras lagi di babak kedua demi bisa menyamakan angka. Hal ini juga diakui sang pelatih yang menyatakan anak asuhnya telah mengerahkan segala cara meski hasilnya tak memuaskan.

"Di babak kedua tim melakukan semua yang harus dilakukan, sedikit efektivitas, itu adalah kecemasan ingin mencetak gol. Kami melakukan banyak hal baik di babak kedua dan saya pikir hasil ini tidak adil," katanya.

Dengan hasil ini, Portugal mesti turun ke peringkat kedua Grup A2 dengan tujuh poin. Sementara Spanyol yang mengalahkan Republik Ceko 2-0, naik ke puncak dengan selisih satu poin.