Bagikan:

JAKARTA - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan menuai kecaman netizen. Hal ini menyusul ucapan kasar yang dilontarkannya dalam siaran langsung viral di media sosial.

Dari rekaman layar yang beredar, viralnya Yeremia bermula ketika ia tengah melakukan siaran langsung di dalam bus. Di saat bersamaan, Yeremia terdengar mengeluarkan ucapan yang dianggap kurang pantas.

"I love you and I want to f**k you,” ujar Yeremia kepada volunteer yang membantu kontingen Indonesia selama berlaga di SEA Games Hanoi.

Komentar Yeremia ini lalu beredar luas ke berbagai platform, termasuk di Twitter. Bersamaan dengan ini, kecaman juga berdatangan dari netizen Indonesia termasuk dari penggemar badminton.

Netizen menyayangkan sikap Yeremia yang dinilai mengeluarkan komentar tidak pantas dan masuk kategori pelecehan. Netizen juga mengingatkan bahwa saat melakukan itu, Yeremia mengenakan jaket kontingen Indonesia.

“Menyedihkan. Saya tidak akan menyangkal fakta bahwa "lelucon" semacam ini tidak jarang terjadi, tetapi untuk mengatakannya dengan lantang? Bahkan jika dia merendahkan suaranya, dia masih bisa mendengarnya. Dan mengatakannya saat live???? Seperti dia bangga atau membiarkannya,” kata akun @hanna*****.

“Pendapat saya tentang live yeremia tadi pagi: Entah dia tidak tahu apa yang dia katakan sebenarnya adalah pelecehan seksual verbal, atau dia tahu itu tapi dia cukup bodoh untuk melanjutkannya. PBSI harus kasih kelas public speaking, manage sosmed, dan sexual harrasment,” komen akun @circe*********.

“Dr live tiktok sblm nya jg body shamming,ngerasa sok ganteng & sempurna. Skr bkin pelecehan! Malu ih,” respon pemilik akun @Nat********.

Komentar-komentar netizen juga mulai mengarah ke akun pribadi Yeremia. Sejumlah kecaman sudah ada di akun Instagram Yeremia sampai akhirnya saat ini kolom komentar Yeremia dalam status dibatasi.