Joan Mir Berpeluang Besar ke Repsol Honda, Nasib Alex Rins Justru Jadi Tanda Tanya Besar Setelah Suzuki Memutuskan Mundur dari MotoGP
Pebalap Suzuki, Alex Rins. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Suzuki sudah mengumumkan rencana mereka untuk mundur dari MotoGP mulai musim depan. Faktor ekonomi menjadi penyebab.

Namun, Suzuki masih mendiskusikan rencana itu dengan Dorna Sports, selalu penyelenggara MotoGP. Meski demikian, dua pebalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins, sudah mulai mencari pelabuhan baru.

Joan Mir nampaknya tak akan pusing. Pasalnya, dia sudah dilirik beberapa tim. Satu yang paling getol adalah Respsol Honda.

Lantas bagaimana dengan Alex Rins? Kursi di tim pabrikan sangat terbatas. Di Yamaha, hampir pasti diisi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

KTM sudah jelas ingin terus bekerja sama dengan Miguel Oliveira dan Brad Binder. Sementara Ducati bakal memilih antara Jack Miller, Enea Bastianini dan Jorge Martin sebagai pendamping Francesco Bagnaia.

Kursi tim pabrikan yang paling mungkin diisi adalah Aprilia Racing. Kabarnya, Aprilia mempertimbangkan untuk tidak memakai jasa Maverick Vinales lagi.

Kemungkinan lain adalah Alex Rins bergabung dengan tim satelit.

Pebalap asal Spanyol itu mengaku belum tahu bagaimana nasibnya di musim depan. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada manajer yang dinilai akan sangat sibuk dalam beberapa pekan terakhir.

"Bursa pebalap telah berubah sekarang. Joan dan saya akan meninggalkan Suzuki, baik mereka yang meninggalkan kami, jadi kami harus pergi ke tempat lain. Saya tak ingin hal buruk terjadi untuk pebalap lain," ujar Rins dalam laman resmi MotoGP.

"Saya tak ingin membuat satu pebalap keluar dari kursinya, tapi ini situasi yang unik. Saya tak dalam posisi mana motor yang saya inginkan tahun depan, saya hanya punya telepon di meja (untuk menerima tawaran) saat ini," lanjutnya.