Bagikan:

JAKARTA - Timnas U-23 Indonesia menghadapi Timor Leste pada laga kedua Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa malam. Skuad asuhan Shin Tae-yong menang 4-1.

Laga kontra Timor Leste sangat penting bagi Garuda Muda untuk membuka asa lolos ke babak semi final ajang SEA Games 2021. Karena pada laga perdana, Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam.

Namun, baru satu menit pertandingan berjalan, Indonesia sudah dihukum penalti usai Marc Klok melakukan pelanggaran.

Beruntung kiper Ernando Ari Sutaryadi mampu menggagalkan peluang Timor Leste lewat penyelamatan gemilangnya. Dia menepis bola sepakan Mouzinho Barreto de Lima ke arah atas sehingga menghasilkan tendangan sudut buat tim lawan.

Indonesia mencoba membangun serangan. Irfan Jauhari melakukan upaya pada menit ketujuh meski masih bisa dibaca lawan. Berselang tiga menit, Jauhari kembali melakukan percobaan. Kali ini tendangannya belum menemui sasaran.

Egy Maulana Vikri membawa Garuda Muda unggul pada menit 15. Menerima umpan silang sundulan Rizky Ridho Ramadhani dari sisi gawang Timor Leste, Egy menghukum Junildo Manuel de Castro Pereira.

Tendangan pemain FK Senica itu bahkan nyaris menggandakan keunggulan Indonesia pada menit 38. Sayangnya, masih melebar ke sisi gawang lawan sehingga skor 1-0 untuk keunggalan Garuda Muda menutup babak pertama.

Di babak kedua, Garuda Muda tidak mengendurkan ritme permainan. Sejumlah peluang tercipta di mana salah satunya dibuat oleh Saddil Ramdani yang baru masuk menggantikan Egy Maulana.

Menit ke-52, Witan Sulaeman membawa Indonesia menang 2-0 lewat sundulannya. Tak sampai di situ. Enam menit kemudian, kapten Garuda Muda Fachruddin membawa Indonesia menjauh juga lewat sundulannya setelah terjadi kemelut di depan gawang Timor Leste.

Mouzinho berhasil memperkecil kekalahan Timor Leste pada menit 69. Namun, Witan kembali membawa Indonesia melebarkan margin pada menit 77 usai menerima umpan matang dari Saddil. Skor 4-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Dengan hasil ini, Fachruddin Wahyudi Aryanto dkk untuk sementara menempati posisi keempat di klasemen Grup A dengan tiga poin. Skuad Garuda Muda masih akan menghadapi Filipina pada 13 Mei dan Myanmar tiga hari kemudian.