Mengenal Siapa Nico Ali Walsh, Cucu Muhammad Ali
Nico Ali Walsh (Instagram @nicoaliwalsh)

Bagikan:

JAKARTA - Nico Ali Walsh lahir di bawah cakrawala tinju, tetapi dia lambat untuk menerimanya. Kakeknya, Muhammad Ali, adalah petinju terhebat dalam sejarah dan salah satu atlet paling berpengaruh yang pernah hidup.

Dikutip dari Marca, Kamis, 4 Mei, Muhammad memiliki 10 anak: Maryum, Jamillah, Rasheda, Muhammad Ali Jr, Hana, Laila, Asaad Amin, Miya, Khaliah, Kiiursten. Laila adalah satu-satunya yang mengikuti jejak ayahnya, dia adalah juara dunia di kelas menengah semi-lengkap dan super, dia memiliki rekor 24 pertarungan, 21 KO dan tidak pernah kalah. Pertarungan terakhirnya adalah pada 3 Februari 2007.

Dengan pensiunnya Laila, diperkirakan dinasti Ali telah berakhir, tetapi entah dari mana, tiba-tiba, tanpa ada yang memikirkannya, sesosok tubuh kurus muncul di atas ring, dengan cara berjalan yang akrab, dengan kewaspadaan dan tangan kanan yang kuat: Nico Ali Walsh!

Nico lahir pada 11 Agustus 2000, di Chicago, Illinois, ibunya adalah Rasheda dan ayahnya Bob Walsh, seorang pensiunan sersan Korps Marinir AS. Dia tinggal bersama kakeknya Muhammad, yang meninggal pada 3 Juni 2016, selama 16 tahun. Meskipun Nico memiliki DNA tinju dan KO di tubuhnya, dia lambat menerimanya.

Mulai bertinju sejak usia 11 tahun, olahraga adu jotos tidak pernah jadi tujuan hidupnya meskipun ia memiliki karier yang baik dalam tinju amatir dengan 30 pertarungan. Dia mengambil langkah pertamanya sebagai seorang profesional dengan pelatih Meksiko Abel Sanchez, kemudian bergabung dengan jajaran SugarHill Steward, pelatih Tyson Fury.

Seolah-olah itu firasat ketimbang kebetulan, Nico Ali digaet promotor legendaris Bob Arum, yang pernah bekerja sama bersama Muhammad dalam 27 pertarungan, termasuk pertarungan epik "Thrilla in Manila" melawan Joe Frazier dan pertarungan melawan Ken Norton di Yankee Stadium.

Nico melangkah ke atas ring untuk pertama kalinya sebagai seorang profesional pada 14 Agustus 2021 di Tulsa, Oklahoma. Pada kesempatan itu, dia mengalahkan Jordan Weeks dalam empat ronde. Tapi seperti segala sesuatu yang mengelilingi keluarga Ali, debut itu spesial; Nico tidak mendapatkan celana pendek yang akan digunakannya untuk bertarung tepat waktu, jadi dia harus mengambil harta keluarga yang berharga: sepasang celana pendek yang digunakan kakeknya.

Ketika dia berjalan ke ring malam itu, orang-orang meneriakinya ketika dia meletakkan kaki pertamanya di atas kanvas. Kasino bergemuruh dengan teriakan: Ali, Ali! Dia merasa bahwa kakeknya ada di sebelahnya, bahwa dia melemparkan pukulan bersamanya, bahwa dia menggerakkan kakinya bersamanya.

Nico melanjutkan kariernya. Menang dalam tiga ronde melawan James Westley di Atlanta, dikalahkan keputusan mayoritas melawan Reyes Sanchez asal Meksiko; mengalahkan Jeremiah Yeager dalam empat ronde di Tulda, Oklahoma.

Sabtu kemarin di Las Vegas, Nevada, sebuah peristiwa yang tidak biasa terjadi di MGM Grand Garden Arena. Nico melangkah ke atas ring untuk menghadapi Alejandro Ibarra dalam pertarungan yang tidak terduga, karena acara utama malam itu adalah duel antara Oscar Valdez dan Shakur Stevenson untuk penyatuan kekuatan gelar kelas bulu super.

Namun, penonton bersemangat saat pewaris legenda kelas berat tahun 60-an itu memberikan tampilan kekuatan ofensif yang luar biasa, di mana ia membutuhkan waktu kurang dari tiga menit untuk menahan lawannya.

Pada usia 21 tahun, Nico mencetak kemenangan profesional kelimanya dengan KO ronde pertama yang brutal. Sejak awal pertarungan, petinju jangkung itu tidak hanya menunjukkan bahwa dia tahu bagaimana cara berdiri yang baik dan menggerakkan pinggangnya untuk menggiring pukulan yang dilontarkan kepadanya, tetapi dia juga menghadirkan serangan balik yang menarik melalui berbagai kombinasi yang menunjukkan kerja keras persiapan.

Dengan demikian, dengan kurang dari 20 detik tersisa di ronde pertama, Nico melancarkan kombinasi hook kiri ke arah Ibarra dan tangan kanan membuat lawannya pingsan bahkan sebelum jatuh ke kanvas. Wasit Russell Mora bahkan tidak memberinya kesempatan hitungan perlindungan yang menyatakan pemenang mutlak.