Sekolah Umum yang Izinkan Atlet Transgender Ikut dalam Olahraga Anak Perempuan akan Dihukum Keras
Ilustrasi atlet transgender Alana McLaughlin (Instagram @lady_feral)

Bagikan:

JAKARTA - Tennessee akan menambahkan hukuman keras terhadap sekolah umum yang mengizinkan atlet transgender berpartisipasi dalam olahraga anak perempuan, di bawah peraturan perundang-undangan yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Gubernur Partai Republik Bill Lee.

Lee diam-diam menandatangani proposal pada Jumat lalu tanpa komentar. Sang Gubernur sebelumnya telah menandatangani undang-undang tahun lalu yang mengamanatkan bahwa atlet pelajar harus membuktikan kecocokan jenis kelamin mereka yang tercantum pada akta kelahiran "asli" siswa.

Jika akta kelahiran tidak tersedia, maka orang tua harus memberikan bukti lain yang "menunjukkan jenis kelamin siswa pada saat kelahiran".

Tahun ini, Badan Legislatif memutuskan untuk menambahkan hukuman pada larangan itu - yang berlaku bahkan ketika gugatan yang menantang konstitusionalitasnya berhasil melalui pengadilan. Uji coba telah ditetapkan untuk sementara pada Maret 2023.

Menurut RUU tersebut, Departemen Pendidikan Tennessee akan menahan sebagian dana negara dari distrik sekolah lokal yang gagal menentukan jenis kelamin siswa untuk berpartisipasi dalam olahraga sekolah menengah atau menengah. Ukuran itu tidak menentukan secara pasti berapa banyak uang yang harus ditahan oleh negara.

"Memberitahu siswa transgender bahwa mere tidak dapat berpartisipasi sebagai siapa mereka sebenarnya sama saja dengan mengecualikan mereka dari olahraga sepenuhnya - merampas kesempatan yang tersedia bagi rekan-rekan mereka dan mengirimkan pesan bahwa mereka tidak layak untuk kehidupan yang utuh," kata Henry Seaton, ACLU dari pengacara keadilan transgender Tennessee, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Marca, Rabu.

Sebagai informasi, ACLU atau American Civil Liberties Union adalah organisasi nirlaba yang dibentuk di New York pada tahun 1920 untuk memperjuangkan kebebasan konstitusional di Amerika Serikat.

Anggota parlemen Tennessee juga mengajukan RUU terpisah yang akan melarang atlet transgender berpartisipasi dalam olahraga perguruan tinggi wanita. Partai Republik juga telah mendorong untuk membiarkan guru dan distrik sekolah menggunakan kata ganti yang tidak disukai siswa transgender, membebaskan guru dari hukuman kerja dan melindungi sekolah dari tanggung jawab perdata. Kedua proposal tersebut diharapkan dapat disetujui oleh Majelis Umum.

Tahun lalu, tidak ada negara bagian lain yang memberlakukan lebih banyak undang-undang yang menargetkan orang transgender selain Tennessee. Itu termasuk melarang atlet transgender bermain olahraga sekolah menengah atau sekolah menengah umum.