Lepas Erik ten Hag ke MU, CEO Ajax Edwin van der Sar: Kami Berutang Banyak, Terima Kasih 
Erik ten Hag dan Edwin van der Sar (Instagram.com/@edwinvandersar1)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Ajax Amsterdam, Edwin Van Der Sar menyampaikan pesan menyentuh bertepatan dengan momen pelepasan pelatih Erik Ten Hag ke Manchester United.

Ten Hag resmi diperkenalkan Setan Merah sebagai pelatih baru pada Kamis. Setelah pengumuman ini, Ten Hag tak lantas pergi dari Ajax karena ia masih akan bertahan hingga akhir musim demi menyelesaikan tugasnya.

Kendati begitu, Van Der Sar sadar bahwa sang pelatih nantinya akan benar-benar pergi secara permanen. Untuk itu, sang CEO memanfaatkan waktu yang ada untuk memberi pesan kepada Ten Hag yang telah bersama tim selama empat setengah tahun ke belakang.

Berat rasanya bagi Van Der Sar melepas Ten Hag, tapi keputusan yang diambil sang pelatih adalah satu langkah besar untuk kemajuan kariernya. Maka dari itu, Van Der Sar mencoba memahaminya.

“Empat setengah tahun adalah waktu yang baik, sebenarnya kami ingin mempertahankan Erik di Ajax lebih lama. Tapi dia akan melangkah ke salah satu klub terbesar di dunia, di liga yang fantastis," kata Van Der Sar dikutip dari situs Ajax Amsterdam.

Van Der Sar juga tak menutup mata atas kontribusi Ten Hag bagi tim sejauh ini yang membuatnya merasa banyak berhutang. Untuk itu ia menyampaikan banyak rasa terima kasih meski mereka masih punya waktu beberapa pekan lagi.

“Kami berutang banyak, terima kasih kepada Erik atas apa yang telah dia capai bersama Ajax sejauh ini, tetapi kami belum selesai," kata Van Der Sar.

"Di akhir musim, saya akan melihat ke belakang lebih jauh tentang kepergiannya,” lanjutnya.

Dengan waktu kebersamaan yang tersisa antara Ten Hag dan Ajax, Van Der Sar kembali menekankan bahwa waktu yang tersisa mesti dimanfaatkan untuk mewujudkan target tim yaitu meriah gelar juara.

“Untuk saat ini, yang penting adalah final. pertandingan musim ini di mana kita semua ingin membawa pulang gelar liga," ucap Van Der Sar menambahkan.

Selama hampir lima musim menjadi nakhoda bagi Ajax, Ten Hag sukses mencatat 156 kemenangan dari total 210 pertandingan yang sudah ia pimpin di semua kompetisi.

Selama periode itu, Ten Hag juga berhasil mempersembahkan dua gelar Eredivisie, dua trofi KNVB Cup dan satu Johan Cruyff Shield.

Di bawah tangan dinginnya, Ajax juga mampu menjadi kandidat terkuat juara Liga Belanda musim 2021/2022 karena memimpin klasemen sementara.

Tak sampai di situ, pelatih berusia 52 tahun itu juga sempat membawa Ajax ke semifinal Liga Champions 2018/2019 setelah mengalahkan Juventus dan Real Madrid.