Indonesia Tanpa Target Perolehan Medali di SEA Games 2021, Malaysia Bidik 3 Besar!
Kontingen Malaysia membidik posisi tiga besar pada perolehan medali SEA Games 2021. (Foto: via Vietnam News)

Bagikan:

JAKARTA - Kontingen Malaysia punya target tinggi pada ajang SEA Games 2021 Hanoi. Tak seperti Indonesia yang tanpa target di klasemen perolehan medali, Malaysia membidik posisi tiga besar.

Target ini disampaikan Chef de Mission (CdM) Kontingen Malaysia, Datuk Nur Azmi Ahmad.

"Kami menargetkan tiga besar. Mereka (atlet) harus menghargai apa yang telah dikeluarkan pemerintah dan inilah saatnya mereka kembali dengan membawa medali," kata Datuk Nur Azmi seperti dilansir Antara dari Bernama, Selasa 19 April.

Dia mengatakan, minimnya kompetisi internasional selama dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19 bukan menjadi alasan bagi Kontingen Malaysia untuk tidak berprestasi. Menurutnya, atlet di seluruh dunia, termasuk dari negara yang turun di SEA Games Hanoi juga mengalami nasib yang sama dan semua tergantung pada komitmen tinggi dari masing-masing atlet.

Dewan Olimpiade Malaysia bakal mengirim 818 delegasi, yang terdiri dari 612 atlet dan 206 ofisial. Mereka akan turun pada 37 cabang olahraga dari 40 yang dipertandingkan.

Tiga cabang olahraga yang tidak diikuti Malaysia adalah bola tangan, Vovinam (seni bela diri Vietnam) dan gulat.

Dari total 612 atlet tersebut, 377 di antaranya putra dan 235 atlet putri. Mereka akan bergabung dengan lebih dari 7.000 atlet dari 10 negara lain pada SEA Games Hanoi yang sempat tertunda karena pandemi COVID-19.

Jika Malaysia membidik posisi tiga besar, tidak demikian dengan Indonesia. Kontingen Merah Putih justru menjadikan ajang ini sebagai "pemanasan" menuju Olimpiade 2024.

Wakil Ketua Chief de Misson (CdM), Tubagus Ade Lukman mengatakan, SEA Games kali ini merupakan sasaran antara dari kontingen Indonesia yang dipersiapkan untuk Olimpiade Paris 2024 nanti.

"Sehingga kami tidak menargetkan raihan medali jumlahnya berapa apa segala macam karena ini sasaran antara adalah persiapan tim Indonesia, atlet-atlet elit Indonesia untuk menuju ke Olimpiade," tuturnya saat dihubungi VOI, beberapa waktu lalu.