Dua Klub NBA Depak Pelatih Seusai Musim Reguler Berakhir, Satu di Antaranya LA Lakers
Klub NBA Los Angeles Lakers memecat pelatih mereka, Frank Vogel. (Foto: Twitter @Lakers)

Bagikan:

JAKARTA - Los Angeles Lakers akhirnya meresmikan pemecatan Frank Vogel dari jabatan pelatih kepala. Pengumuman ini disampaikan hanya berselang satu hari setelah musim reguler NBA berakhir.

Pemecatan ini tak lepas dari kegagalan Vogel mengantarkan Lakers ke babak play-off NBA musim ini. Bahkan, LeBron James dan kawan kawan juga gagal memperoleh tiket turnamen play-in setelah hanya finis di posisi ke-11!

Manajer Umum Lakers, Rob Palinka menaruh rasa hormat kepada Vogel. Dia menyebut pria berusia 48 tahun itu sebagai pelatih yang hebat.

"Kami akan selalu berterima kasih atas kerja kerasnya membawa gelar juara NBA 2019/2020. Ini keputusan berat, tapi sesuatu yang kami rasa perlu di titik ini," ujar Palinka, seperti dilansir Antara.

Vogel menjadi pelatih kepala ke-27 yang melatih Lakers di NBA. Pada musim perdananya, dia terbilang sukses dengan merengkuh gelar juara NBA. Namun, musim ini performa tim turun drastis.

Selain LA Lakers, tim NBA yang juga mendepak pelatihnya adalah Sacramento Kings. Mereka melepas pelatih kepala interim Alvin Gentry yang baru menggantikan Luke Walton yang dipecat pada pertengahan musim reguler 2021/2022.

Kings rencananya akan encari nahkoda baru. Beberapa nama sudah mulai dibidik, di antaranya Mike D'Antoni, Mike Brown, Steve Clifford, dan Terry Stotts.

"Segenap organisasi Kings berterima kasih atas kepemimpinan Alvin Gentry, yang mengemban tugas saat dibutukan di pertengahan musim," ujar Manajer Umum Kings, Monte McNair, dalam situs resmi klub NBA tersebut.