Neymar dan Mbappe Kompak <i>Hattrick</i> PSG Libas Clermont 6-1
Pemain Paris St Germain Neymar merayakan gol keenam timnya bersama rekan satu tim Kylian Mbappe dalam pertandingan Liga Inggris antara Clermont dan Paris St Germain di Stade Gabriel Montpied/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kylian Mbappe dan Neymar sama-sama mencetak hattrick ketika Paris Saint-Germain menang 6-1 atas Clermont, Minggu dini hari WIB, yang memastikan PSG semakin dekat memastikan juara Ligue 1 musim ini.

Mbappe yang masih belum memutuskan akan bertahan bersama PSG, mencetak dua gol dan tiga assist saat timnya menang 5-1 atas Lorient akhir pekan lalu.

Dia menambahkan satu assist dan memenangkan penalti dalam pertandingan ini untuk memuncaki daftar pencetak gol Ligue 1 musim ini dengan 20 gol.

Pasukan Mauricio Pochettino kini unggul 15 poin dari Rennes yang berada pada posisi kedua dan tampaknya pasti merebut kembali gelar liga ketika musim ini tinggal menyisakan tujuh pertandingan lagi.

Clermont tetap urutan ke-17 yang hanya unggul satu poin dari Saint-Etienne yang menempati tempat playoff degradasi.

PSG hanya mengandalkan Ligue 1 setelah disingkirkan Real Madrid dari Liga Champions. Namun untuk kedua kali berturut-turut bermain sangat mengesankan.

Mereka memimpin pada menit keenam saat Mbappe menimbulkan kekalutan dalam barisan pertahanan tuan rumah dengan tendangan keras dari sayap kiri.

Bola akhirnya mencapai Lionel Messi yang umpan cerdasnya mendapati Neymar dalam posisi baik untuk kemudian diarahkan oleh pemain Brazil itu ke sudut jauh jauh gawang Clermont.

Para pemain Clermont dibuat marah karena PSG terus menyerang sekalipun bek mereka terlihat merintih karena cedera.

Sang calon juara menggandakan keunggulan pada menit ke-20 menit saat Messi membuat assist liga kedua belasnya sepanjang musim ini.

Peraih Ballon d'Or tujuh kali itu melepaskan tendangan voli ke arah Mbappe yang didorongnya melewati kiper Arthur Desmas.

Clermont sempat bangkit tak lama sebelum turun minum ketika Jodel Dossou menciptakan satu gol setelah menuntaskan pergerakan kompak timnya.

Neymar hampir memulihkan keunggulan dua gol PSG sebelum turun minum, tetapi Desmas membuat penyelamatan cemerlang dengan menepis tembakan pemain Brazil itu.

Raksasa Liga Prancis itu mendominasi penguasaan bola pada awal babak kedua tetapi kesulitan menuntaskan peluang-peluangnya dan bahkan terpaksa menggantungkan kiper Gianluigi Donnarumma guna menyelamatkan gawangnya dari tembakan Jason Berthomier.

Namun dalam 20 menit tersisa PSG sudah tak tertahankan lagi ketika Mbappe dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh Akim Zedadka menyusul sebuah serangan balik yang cepat. Neymar mengeksekusinya untuk mengirim Desmas ke arah yang salah.

Mbappe mencetak gol keduanya hanya beberapa menit kemudian dengan bergegas mengejar umpan cemerlang dari Neymar dan lalu mengitari Desmas sebelum menaklukkan kiper Clermont ini.

Trisula menakutkan PSG itu kemudian menciptakan gol kelima ketika bola dari tendangan Neymar mencapai Messi yang lalu memberikannya kepada Mbappe dan kemudian dituntaskan dengan tendangan melengkung yang masuk gawang di sudut jauh jauhnya.

Tim tamu membuat empat gol dalam waktu 12 menit ketika waktu tinggal tujuh menit lagi saat Neymar menyelesaikan hattrick pertamanya sejak Desember 2020.

Dia kembali berutang budi kepada Mbappe yang tak lelah berlari untuk memberikan rekan setimnya ini membuat finis paling mudahnya pada menit ke-83, demikian AFP.