<i>Wonderkid</i> Persija Ini Terkejut Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-23: Saya Kaget
Ilham Rio Fahmi (Instagram.com/@persija)

Bagikan:

JAKARTA - Persija Jakarta jadi salah satu klub penyumbang pemain terbanyak ke dalam skuad timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games Vietnam 2021. Total ada empat nama termasuk wonderkid mereka, Ilham Rio Fahmi.

Mengisi skuad Timnas adalah kali pertama bagi Rio. Pemain 20 tahun itu bahkan mengaku terkejut dan tidak menyangka dirinya dilirik pelatih timnas, Shin Tae-yong.

Soal pemanggilannya ke timnas, Rio menyebut tak pernah menaruh target ke sana. Bagi pemain kelahiran 6 Oktober itu, selama membela Macan Kemayoran ia hanya berusaha tampil sebaik yang ia bisa demi memberi kontribusi maksimal

"Awalnya saya pun kaget (dipanggil timnas). Di setiap pertandingan yang saya mainkan, saya hanya berusaha maksimal saja, tak ada pikiran untuk dilirik timnas atau tidak. Yang penting bagi saya bisa berkontribusi maksimal untuk tim,” katanya dikutip dari laman resmi klub.

Kendati tak menduga dirinya bakal jadi bagian dari Timnas, Rio kemudian mengaku bersyukur dan akan bersungguh-sungguh berjuang dan memanfaatkan kesempatan ini untuk kariernya di masa mendatang.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini. Pemanggilan ini akan saya jadikan pengalaman berharga dan saya manfaatkan sebaik mungkin untuk karier ke depan," kata Rio menambahkan.

Meski usianya masih terbilang muda, Rio sudah mendapat tempat di Persija. Bahkan, sang pemain tercatat punya waktu tampil lebih banyak ketimbang Marco Motta.

Sejauh kesempatannya membela Macan Kemayoran, Rio tercatat sudah turun dalam 26 pertandingan. Tidak mengherankan jika kemudian Shin Tae-yong ingin menjajal kemampuannya.

Selain Rio, tiga pemain lain Persija yang dipanggil ke timnas U-23 adalah Braif Fatari, Syahrian Abimanyu, dan Firza Andika.

Berbeda dari Rio yang mengaku pemanggilan ini sebagai yang pertama. Braif dan dua rekannya sudah beberapa kali membela Timnas.

Sementara itu, SEA Games 2021 akan berlangsung di Vietnam pada 6–22 Mei mendatang. Dalam kompetisi elite olahraga se-Asia Tenggara itu, timnas Indonesia U-23 berada di Grup A bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Timnas U-23 dijadwalkan memulai TC di Jakarta pada 6-7 April 2022. Setelah itu program berlanjut ke Daegu, Korea Selatan, hingga 29 April mendatang sebelum nantinya menjalani laga perdana kontra tuan rumah pada 6 Mei mendatang.