Bagikan:

JAKARTA - Bergabungnya pesepak bola Indonesia, Pratama Arhan ke klub Jepang Tokyo Verdy dianggap lebih dari sekadar urusan perpindahan pemain. Sebab, kepindahan Arhan ke klub J2 League itu diharap bisa membuka jalan kerja sama antara Indonesia dan Jepang di bidang olahraga.

Hal ini diungkap Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi. Dalam agenda peresmian Arhan di Wisma Indonesia di Tokyo pada Jumat, 25 Maret, Heri juga berharap kehadiran Arhan bisa berdampak positif bagi kedua negara.

“Momentum bergabungnya Arhan ke Tokyo Verdy merupakan langkah baru penguatan kerja sama sepak bola antara Indonesia dan Jepang,” kata Heri Akhmadi.

“Tentunya ini juga akan membuka lembaran baru untuk kerja sama lebih lanjut dan lebih luas lagi ke depan,” lanjutnya.

Heri mengakui, Pratama Arhan bukan pesepak bola pertama yang berkarier di Jepang. Namun, eks pemain PSIS Semarang itu menjadi bukti sukses upaya sepak bola Jepang menghadirkan pemain asing pertama di tengah pandemi COVID-19.

Dengan berkariernya Arhan di Jepang, Heri Berharap, nantinya bisa menarik minat  para pemain muda lainnya atau akademi sepak bola untuk turut menjalin kerja sama di antara kedua negara. Apalagi Arhan juga punya gelar sebagai pemain muda terbaik di AFF 2021 yang semakin jadi daya tarik.

“Arhan di AFF 2021 dapat gelar pemain muda terbaik, jadi pasti semua penggemar bola baik di Indonesia dan Asia jadi mengenal sosoknya. Dengan dia main di Jepang maka diharap semakin mengangkat citra sepak bola dan membuka peluang kerja sama lain,” kata Heri.

“Beberapa klub dan akademi di Indonesia sekarang juga sudah ada yang minat menjalin kerja sama dengan jepang, begitu juga sebaliknya. Jadi berharap kerjasama bisa berjalan baik dan makin membuat erat hubungan dua negara ini,” jelas Heri Akhmadi.