Kandaskan Wakil Prancis, Jonatan Christie ke Babak Kedua Swiss Open 2022
Jonatan Christie (Instagram @jonatanchristieofficial)

Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Swiss Open 2022. Ia mengandaskan wakil Prancis Thomas Rouxel.

Jojo, sapaan akrab Jonatan, menang dua set langsung 21-10, 21-15 atas Rouxel di St. Jakobshalle, Basel pada Rabu, 23 Maret pagi waktu setempat atau sore waktu Indonesia.

Pemilik medali emas Asian Games 2018 tampil dominan pada set pertama meski baru sembuh dari COVID-19 yang menginfeksinya di German Open. Ia terus unggul dan tidak memberikan kesempatan bagi lawan untuk memimpin.

"Ada satu sampai dua hari saya istirahat latihan dan itu membuat fisik agak turun. Makanya ini setelah main mau coba langsung latihan lagi supaya bisa kembali terbiasa lagi fisiknya untuk pertandingan besok," ujar Jonatan usai laga dalam keterangan resmi.

Jonatan kemudian mendapat tekanan pada set kedua saat tertinggal 4-5. Namun, ia berhasil membalikan keadaan menjadi 11-7 saat interval dan terus memimpin terus setelah itu.

Jonatan sebagai unggulan keempat selanjutnya akan bertemu dengan wakil dari Malaysia Ng Tze Yong. Tiket babak kedua didapat Tze usai menyingkirkan Fabian Roth dari Jerman.

"Di Swiss ini saya lebih fokus ke perbaikan faktor nonteknis. Bagaimana cara berpikir, ketenangan, dan mental agar bisa mengeluarkan semua kemampuan di lapangan. Kalau teknis sepertinya sudah ok semua," kata Jojo.

Jojo juga tidak menampik bahwa gelar juara adalah incarannya di ajang ini. Namun, ia lebih memilih untuk menikmati satu demi satu pertandingan.

"Pastinya mau yang terbaik tapi di sini banyak pemain bagus juga. Saya mau fokus satu demi satu dulu. Di laga terakhir All England saya kurang bisa menikmati pertandingan jadi ada strategi yang tidak berjalan. Nah, di sini saya mau coba lebih enjoy," kata.

Sementara itu, nasib berbeda dialami oleh ganda campuran Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami. Pasangan ini harus pulang dari Swiss Open setelah kalah dari wakil Singapura Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han.