Bagikan:

MANDALIKA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir di Sirkuit Mandalika untuk menyaksikan langsung balapan MotoGP, Minggu, 20 Maret. Di tengah kegiatannya yang padat, Jokowi hadir untuk menunjukkan dukungan terhadap gelaran MotoGP di Indonesia.

Saat tiba di Sirkuit Mandalika, Jokowi langsung menuju royal box dan menyapa para penonton dari sana. Dia menyempatkan turun ke area start untuk memastikan balapan berjalan dengan baik, meski sempat tertunda karena hujan.

Setelah balapan, ada "tugas" lain yang harus dilakukan Jokowi. Dia diberi kesempatan untuk menyerahkan piala kepada para pebalap MotoGP yang naik podium di Sirkuit Mandalika.

Sebelum seremoni penyerahan dimulai, Jokowi nampak duduk di belakang podium. Dari tayangan YouTube Trans7, Jokowi terlihat duduk sendiri di pojok sembari melihat para pebalap yang bakal naik podium.

Pebalap Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo yang melihat Jokowi, terlihat cuek. Dia tak menghampiri Presiden Indonesia tersebut. Kehadirannya di belakang podium juga tak mendapat perhatian dari Johann Zarco (Pramac Ducati) dan Miguel Oliveira (KTM).

Setelah para pebalap naik ke podium, Jokowi sempat terlihat dari samping podium sembari membawa piala. Namun, dia masih menunggu beberapa saat sebelum ke depan podium.

Jokowi pertama memberikan trofi kepada tim asal Austria, KTM, yang menjadi pemenang konstruktor. Tak ada jabat tangan di momen ini.

Dia lantas kembali mengambil piala dari ajudannya dan memberikannya kepada Zarco yang finis ketiga. Lagi-lagi tak ada prosesi jabat tangan.

Setelah Zarco, Jokowi kemudian menyerahkan piala untuk Quartararo, yang finis kedua. Berbeda dengan dua kesempatan sebelumnya, Jokowi kali ini berjabat tangan dengan Quartararo.

Ini momen pertama kali Jokowi bertatap muka langsung dengan Quartararo. Saat parade pebalap MotoGP di Jakarta, rider asal Prancis itu memang tak hadir dan memilih langsung terbang ke Lombok.

Terakhir, Jokowi memberikan piala kepada sang pemenang balapan, Miguel Oliveira. Dia juga menjabat tangan sang juara.

Setelah itu dia menunjukkan gesture untuk kembali ke belakang podium. Orang nomor satu di Indonesia itu hanya sekitar 45 detik saja di podium saat prosesi penyerahan piala ini.

Prosesi di podium dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Portugal yang merupakan negara dari Miguel Oliveira.

Saat memberikan keterangan kepada wartawan, Jokowi mengakui ada yang harus dievaluasi dari penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

"Memang masih ada hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki. Saya kira ini event jangka panjang. Tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan dan saya ingin menyampaikan selamat pada semuanya," kata Jokowi di Sirkuit Mandalika, dilihat pada tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu 20 Maret.