MotoGP Mandalika 2022 Berakhir, Jokowi Akui Penyelenggaraan Belum Sempurna
Jokowi menyapa penonton di Sirkuit Mandalika. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) baru saja berakhir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui penyelenggaraan event besar ini belum sempurna.

Meski demikian, Jokowi menegaskan akan mengevaluasi gelaran MotoGP Mandalika untuk keberhasilan balapan selanjutnya jika kembali digelar di Indonesia.

"Memang masih ada hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki. Saya kira ini event jangka panjang. Tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan dan saya ingin menyampaikan selamat pada semuanya," kata Jokowi di Sirkuit Mandalika, dilihat pada tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu 20 Maret.

Jokowi pun mengucapkan terima kasih pada pihak yang mendukung terselenggaranya MotoGP Mandalika, utamanya pada masyarakat NTB.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya terutama pada masyarakat NTB, Lombok, yang telah memeberikan dukungan penuh dan juga seluruh, baik penyelenggara maupun seluruh pekerja yang telah bekerja siang malam menyiapkan event besar ini," ujar Jokowi.

Diketahui, pebalap KTM, Miguel Oliveira, memenangi balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu, 20 Maret. Dia unggul atas Fabio Quartararo (Yamaha MotoGP dan Johann Zarco (Pramac Ducati) yang finis di belakangnya.

Balapan MotoGP Mandalika sempat ditunda karena hujan deras yang mengguyur Lombok Tengah. Pawang hujan pun sampai turun tangan. Hujan tak hanya membuat jadwal balapan MotoGP berubah, para pebalap juga dipastikan harus mengubah settingan motornya.

Trofi pemenang diserahkan langsung oleh Jokowi yang naik ke podium dengan mengenakan jaket merah bermotif G20.

Setelah ini, Jokowi akan menuju Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid dan lepas landas menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Di Bali, Jokowi bakal meresmikan pembukaan Sidang Ke-144 The Inter-Parliamentary Union (IPU) dan sidang terkait lainnya yang digelar di Mangunpura Hall, Bali Internasional Convention Center (BICC), Kabupaten Badung.

Selanjutnya, Jokowi juga direncanakan untuk menggelar pertemuan dengan Ketua Majelis Nasional Republik Korea, Park Byeong-seug. Selepas itu, Jokowi akan terbang kembali ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang