Moto2 Mandalika: Jadi Juara, Pebalap Thailand Somkiat Chantra Cetak Sejarah!
Pebalap Thailand, Somkiat Chantra. (Foto: Twitter @@honda_team_asia)

Bagikan:

MANDALIKA - Pebalap Thailand, Somkiat Chantra, menjuarai balapan Moto2 2022 Grand Prix Mandalika. Pencapaian itu membuatnya menjadi pebalap Thailand pertama yang memenangi balapan Grand Prix.

Balapan Moto2 seri kedua 2022 ini berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu, 20 Maret.

Chantra yang memulai start di posisi keempat, berhasil keluar sebagai pemenang dengan torehan waktu 25 menit 40,876 detik.

Balapan baru dimulai, Chantra langsung berhasil menyodok ke depan. Ia sukses menyalip Jake Dixon yang start dari posisi pertama.

Bencana kemudian menerpa Dixon setelah ia turun ke posisi kedua. Ia terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Posisi di depan juga berubah signifikan setelah itu. Ini terjadi usai pemimpin klasemen sementara Celestino Vietti menyalip Sam Lowes untuk mengambil alih tempat paling depan.

Meski demikian, Chantra berhasil kembali dan memimpin balapan. Ia sukses unggul 1,9 detik dari Vietti yang merosot turun ke tempat kedua. 

Chantra terus mempertahankan posisinya setelah itu sampai balapan selesai. Adapun Vietti berhasil menyelesaikan balapan di tempat kedua dengan gap waktu +3,230 detik dari posisi depan.

Sementara itu di tempat ketiga menjadi milik Aron Canet. Pebalap ini melengkapi tiga besar usai terpaut +4,366 detik dari Chantra.

Sementara itu, pebalap Mandalika SAG Racing Team Bo Bendsneyder yang memulai balapan dari posisi kelima, tidak mendapat tempat di sepuluh besar. Ia mengakhiri balapan di posisi ke-15, disusul rekannya Gabriel Rodrigo di posisi ke-22.