Rekor Kemenangan Beruntun Rafael Nadal Terhenti di Final Indian Wells
Rafael Nadal (Instagram @rafaelnadal)

Bagikan:

JAKARTA – Rekor belum terkalahkan Rafael Nadal sepanjang tahun ini terhenti di final turnamen Indian Wells. Petenis Spanyol itu menelan kekalahan perdananya saat melakoni pertandingan ke-21 pada musim ini.

Kekalahan ini didapat Nadal saat ia bersua Taylor Fritz di partai pamungkas turnamen ATP Masters 1000 itu di Indian Wells Tennis Garden, California, Amerika Serikat, pada Minggu, 20 Maret malam waktu setempat atau Senin pagi waktu Indonesia.

Nadal, 35, tampil tidak seperti biasanya sehingga langsung tertinggal 4-0 sebelum meninggalkan lapangan untuk perawatan medis. Pemilik 21 gelar Grand Slam itu terlihat nyaman setelah perawatan, tetapi akhirnya harus menyerah dengan skor 6-3 7-6 (7-5).

”Ini adalah salah satu impian masa kecil yang tidak pernah Anda pikirkan akan menjadi kenyataan,” kata Fritz, dinukil BBC Sport. Kemenangan ini berarti Fritz menjadi orang Amerika pertama yang menang di Indian Wells sejak Andre Agassi pada 2001.

Fritz menyelamatkan dua breakpoint saat kedudukan 5-5 di set kedua sebelum memenangkan tie-break untuk mengamankan gelar ATP Tour keduanya sekaligus kemenangan pertama di turnamen berlevel Masters 1000.

Sebelum melawan Nadal, ada kekhawatiran terkait kebugaran Fritz setelah dia mengalami cedera pergelangan kaki dalam kemenangan semifinal melawan Andrey Rublev. Namun, tidak ada tanda-tanda efek buruk selama pertandingan melawan Nadal.

Sebelum kekalahan melawan Fritz, Nadal membukukan 20 kemenangan beruntun dalam empat turnamen (termasuk Indian Wells). Satu dari empat turnamen itu adalah Australia Open awal tahun ini saat ia mengunci Grand Slam ke-21 dalam kariernya.

Setelah Australia Open, petenis 35 tahun ini lebih dulu membawa pulang gelar dari ATP 250 Melbourne. Sementara itu, gelar berikutnya di ATP 500 Acapulco sebelum gagal mendapat gelar di Indian Wells.

Dalam laga melawan Fritz, Nadal yang tampil tidak prima membuat 34 unforced error, jauh lebih banyak dibanding dengan Fritz yang hanya membuat 22 unforced error. Selain kekalahan Nadal juga membawa pulang cedera menjelang persaingan di turnamen tanah liat.

”Saya mencoba yang terbaik selama dua minggu terakhir, hari ini tidak mungkin. Saya pikir memiliki pertarungan yang bagus sampai akhir. Sudah lama sejak saya memiliki kesempatan untuk bermain di sini, tetapi saya sangat senang bisa kembali dan sangat menikmatinya, setiap hari saya habiskan di sini,” ujar Nadal.