Sirkuit Mandalika Berubah Signifikan, Brad Binder Percaya Diri Tampil Bagus
Brad Binder (Instagram @bradbinder)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap KTM Brad Binder angkat bicara terkait kondisi lintas Sirkuit Mandalika. Trek kebanggaan Indonesia itu dinilai mengalami perubahan signifikan.

Brad Binder bakal memulai balapan MotoGP Mandalika dari posisi keempat pada Minggu, 20 Maret. Itu menjadi hasil kualifikasi terbaiknya di kelas MotoGP dalam kariernya.

"Hari ini agak sulit bagi kita semua. Karena kondisi lintasan berubah secara signifikan dibandingkan dengan tes Februari," kata Binder sebagaimana dikutip dari Speedweek.

Binder menyudahi musim lalu di posisi keenam klasemen akhir. Musim ini ia tampil membaik dan berhasil finis di urutan kedua saat seri pertama di Qatar sehingga masih menduduki tempat kedua klasemen poin sementara.

Ini bisa menjadi tanda bagi Binder dengan tim Red Bull KTM saat balapan di Mandalika hari ini. Mereka terlihat sangat siap untuk balapan sebanyak 27 putaran di sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu meski suhu di lintasan diperkirakan mencapai 42 derajat dan permukaan aspal bisa memanas hingga 72 derajat.

"Saya benar-benar berjuang di lintasan dan kami masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk balapan. Sejauh ini kami tidak memiliki jawaban yang cocok. Saya tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk menyelesaikan masalah ini," ujar Binder.

"Tapi saya merasa baik untuk balapan. Saya cukup percaya diri. Saya mengharapkan balapan yang sengit. Ini benar-benar panas, tapi saya merasa sangat baik di atas motor. Saya tidak pernah merasa harus bekerja terlalu keras secara fisik," ia melanjutkan.

Lintasan Mandalika telah menjadi petaka bagi juara dunia enam kali Marc Marquez. Pebalap asal Spanyol itu tercatat sudah empat kali terjatuh di lintasan.

Terbaru ia mengalami kecelakaan hebat pada sesi pemanasan Minggu, 20 Maret. Dalam rekaman ia terlihat terlempar di udara akibat mengalami highside pada tikungan ketujuh saat sesi tersisa satu menit.