Inginnya Hadi Tjahjanto Agar Penonton MotoGP Mandalika Bisa Dapat Panduan
Pebalap Respol Honda Marc Marquez dalam latihan bebas MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (INSTAGRAM @marcmarquez93)

Bagikan:

JAKARTA – Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto ingin penonton nantinya dibekali panduan informasi. Bentuk panduan bisa disajikan seperti brosur atau buku saku.

Grand Prix Mandalika 2022 akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Sebagai sirkuit baru maka penyelenggara perlu memberikan kemudahan bagi penonton dalam hal mengakses informasi terkait sarana serta prasarana pendukungnya.

"Yang di antaranya berisi map (peta) atau layout terpadu," kata Hadi dikutip ANTARA.

Selain itu, panduan informasi tersebut nantinya akan menjelaskan lima koridor sebagai akses masuk ke kawasan Sirkuit Mandalika. Informasi penting seperti lokasi fasilitas umum, pusat kesehatan, dan sarana akomodasi, juga harus dirinci di situ.

Selain membantu penonton, panduan informasi akan mendukung personel yang bertugas di lapangan baik dalam mengatur pergerakan penonton maupun kendaraan.

"Jadi penonton punya gambaran letak gate satu, gate dua, gate tiga di mana, parkir di mana, dan grand stand di mana. Itu dirangkum jadi satu di situ," ujar Hadi.

Selain itu, buku panduan informasi juga harus terdapat soal protokol kesehatan pencegahan COVID-19 serta penjelasan terkait travel bubble. Dengan berbagai penjelasan yang rinci, panduan ini juga bisa diberikan ke kru dan pebalap.

Sirkuit Mandalika baru selesai menggelar ofisial tes pramusim pada Minggu, 13 Februari kemarin. Pebalap Repsol Honda Pol Espargaro berhasil keluar menjadi tercepat pada hari terakhir tes tersebut.

Mandalika akan menjadi seri kedua pada MotoGP musim ini. Balapan di sirkuit kebanggaan Indonesia itu akan digelar setelah seri pertama di Losail International Circuit, Qatar, yang mulai berlangsung pada 6 Maret terdekat.