Hadi Tjahjanto Minta Disiapkan Buku Saku Panduan Informasi untuk Penonton MotoGP Mandalika
Hadi Tjahjanto/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MATARAM  - Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto meminta ada panduan informasi untuk penonton yang menyaksikan ajang balap kelas dunia tersebut pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Mungkin bentuknya (panduan informasi) brosur atau buku saku, yang diantaranya berisi map (peta) atau layout terpadu," kata mantan panglima TNI tersebut dalam rapat koordinasi persiapan MotoGP 2022 di kantor Dinas Perhubungan NTB dilansir Antara, Senin, 14 Februari.

Selain itu, keberadaan lima koridor masuk menuju kawasan Sirkuit Mandalika juga harus dijelaskan dalam panduan tersebut. Lokasi fasilitas umum, juga harus dapat diakses melalui panduan informasi itu, seperti pusat kesehatan maupun sarana akomodasi, antara lain penginapan dan transportasi.

"Jadi penonton punya gambaran, letak gate satu, (gate) dua, (gate ) tiga dimana, parkir dimana, grand stand dimana; itu terangkum jadi satu di situ," jelasnya.

Dengan adanya panduan lengkap tersebut, lanjutnya, tentu akan memberi kemudahan bagi para penonton dalam mengakses informasi.

Hal tersebut juga akan mendukung tugas personel di lapangan, baik dalam mengatur pergerakan penonton maupun kendaraan.

Dalam panduan informasi tersebut juga harus terdapat soal protokol kesehatan pencegahan COVID-19 serta penjelasan terkait penerapan travel bubble.

“Dengan adanya penjelasan demikian, maka panduan itu bisa juga diberikan kepada kru maupun para pebalap MotoGP,” ujar Hadi Tjahjanto.