Tim Bulu Tangkis Indonesia sudah Tidak Sabar Bertanding di BATC 2022
Bagas Maulana (PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis Indonesia sudah tidak sabar ingin bertanding di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022 (BATC). Mereka ingin segera mengakhiri karantina dan kembali berlatih sebagai persiapan.

Atlet tanah air tiba di Malaysia pada Senin, 7 Februari malam. Mereka langsung menjalani karantina selama lima hari mengikuti aturan yang berlaku di sana.

"Ya saya lihat anak-anak seperti tidak sabar untuk segera bisa berlatih dan bertanding. Mereka ingin masa karantina segera berakhir dan langsung bisa berlatih seperti biasa," kata manajer tim Harry Hartono dalam keterangan tertulis yang diterima.

Sampai saat ini Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan masih mendekam di kamar hotel. Mereka akan diizinkan beraktivitas normal setelah menunggu hasil tes kedua yang dilakukan pada Jumat, 11 Februari, keluar.

Di tes kedua para pemain hanya menunggu petugas mengambil sampel di kamar masing-masing. Pemain dari negara peserta lainnya seperti Jepang, Kazakhstan, dan Hong Kong, juga menjalani tes serupa.

Jika hasil tes kedua ini semua pemain Indonesia negatif, maka mereka akan diizinkan meninggalkan hotel karantina di Sunway Clio dan  berpindah ke ofisial hotel di Sunway Pyramid Hotel yang letaknya masih dalam satu kawasan.

"Saya juga tidak sabar untuk segera bisa berlatih dan keluar dari karantina ini. Semoga semua hasil tes PCR-nya negatif, sehingga bisa berlatih untuk siap bertanding," kata pebulu tangkis Yeremia Erick Yoche Yacob Rambitan.

Semua pemain di tim Indonesia sebelumnya dinyatakan negatif saat menerima hasil tes pertama pada Rabu, 9 Februari lalu. Itu adalah hasil tes PCR yang diambil pada malam kedatangan pada Senin, 7 Februari, di Hotel Sunway Clio Selangor.

Meski masih di tempat karantina para pemain tetap melahap porsi latihan yang diberikan pelatih fisik Yansen Alpine dan Ari Subarkah. Namun, ruang lingkup latihan sangat terbatas karena dilakukan di kamar hotel.

Harry mengatakan bahwa secara umum tim pelatih sudah mendiskusikan jadwal pertandingan. Namun, pihaknya belum menyusun strategi secara rinci dan penyusunan materi pemain.

"Mungkin satu-dua hari jelang pertandingan baru fokus ke penyusunan pemain dan strategi. Sejauh ini kami juga belum melihat bagaimana kondisi masing-masing pemain," papar Harry.

Kejuaraan beregu ini akan dihelat di Setia City Convention Center, Selangor, 15-20 Februari 2022. Tim putra Indonesia masuk Grup A bersama India, Korea Selatan, dan Hong Kong, sedangkan tim putri di Grup Z bersama Korea Selatan, Hong Kong, dan Kazakhstan.