Ketum PSSI: Kalau Bisa Tahun Ini Peringkat Timnas Indonesia Bisa 150
Mochamad Iriawan (PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap ranking tim nasional Indonesia di FIFA terus meningkat. Jika bisa skuad Garuda harus menghuni peringkat ke-150 tahun ini.

Saat ini timnas Indonesia berada di posisi ke-160. Tempat tersebut naik signifikan dari ranking ke-173 saat Shin Tae-yong menduduki kursi pelatih pada akhir tahun 2019 lalu.

"Kalau bisa dalam tahun ini ranking 150 bisa tercapai," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu selepas menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pada Kamis, 10 Februari.

Untuk memperbaiki ranking FIFA saat ini, Shin Tae-yong pun sudah membuat daftar terkait jadwal pertandingan yang akan dijalani tim nasional Indonesia di jeda internasional FIFA.

Pelatih asal Korea Selatan itu dilaporkan sudah mengajukan tujuh pertandingan yang bisa dimainkan Timnas. Namun, situasi sekarang ini membuat Iriawan tidak mau berandai-andai.

"Shin Tae Yong sudah membuat list-nya, ada tujuh kali lagi FIFA Match Day dengan tim-tim yang akan diambil, tetapi sekarang masih Omicron yang tidak terduga. Ada gelombang ketiga, tetapi semua harus jalan," kata Iriawan.

Meski berada di posisi ke-160, Indonesia masih kalah dari beberapa negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Di antaranya dari Vietnam (98), Thailand (112), Filipina (129), Myanmar (152), dan Malaysia (154).

Posisi Indonesia hanya lebih baik dari Singapura (161), Kamboja (171), Brunei Darussalam (188), Laos (187), dan Timor Leste (198).

Terkait