Ditekuk Filipina 6 Gol, Timnas Putri Indonesia Berhenti di Fase Grup Piala Asia Wanita 2022
Tim nasional putri Indonesia (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional putri Indonesia dipastikan tersingkir dari Piala Asia Wanita 2022. Ini setelah skuat Garuda Pertiwi menelan kekalahan melawan Filipina pada laga terakhir babak penyisihan grup.

Indonesia harus pulang dengan kekalahan 6-0 dalam pertandingan yang berlangsung pada Kamis, 27 Januari malam, di Shivchatrapati Sports Complex, India. Kapten timnas putri Filipina Tahnai Annis memborong dua gol, sedangkan Katrina Jacqueline, Sarina Bolden, Malea Louise, dan Jessica Miclat masing-masing membuat satu gol.

Pertandingan baru berjalan lima menit Indonesia langsung diganjar hukuman penalti oleh pengadil lapangan. Beruntung eksekusi dari titik dua belas pas yang diambil oleh Sarina Bolden gagal berbuah gol.

Hanya semenit lolos dari ancaman penalti, gawang Garuda Pertiwi malah kecolongan. Katrina Jacqueline Guillou berhasil mencatat namanya di papan skor untuk membawa timnya unggul.

Setelah tertinggal, usaha Indonesia untuk menyamakan kedudukan menemui kesulitan. Anak-anak asuh Rudy Eka Priyambada dipaksa tidak bisa keluar jauh dari daerah pertahanan mereka.

Sebaliknya, Filipina tampil menguasai pertandingan dan mampu menggandakan skor di menit ke-27. Kali ini giliran Sarina Bolden yang menggetarkan jala gawang Riska Aprilia usai meneruskan umpan rekannya dari sepak pojok dengan sundulan.

Sebelas menit setelah pulang dari kamar ganti, Filipina mencetak gol berikutnya untuk menjauh. Kapten tim Tahnai Annis membuat tembakan spektakuler dari luar kotak penalti yang sulit dibendung Riska.

Di menit ke-74 Jessica Miclat tidak membuang kesempatan emas saat dipercaya mengeksekusi penalti. Ia berhasil menambah skor untuk membawa tim asuhan Alen Stajcic itu memimpin 4-0. 

Annis kembali membuat gol spektakuler berikutnya di menit ke-82 dengan tembakan akurat dari luar kotak penalti. Kemudian gol Malea Louise Cesar di menit tambahan waktu menyudahi pesta gol Filipina atas Indonesia.

Hasil ini membuat Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan tetap menjadi juru kunci klasemen akhir Grup B tanpa mengantongi satu angka pun. Kiprah mereka pun berhenti di babak penyisihan.

Garuda Pertiwi total kebobolan 28 gol dan tidak mencetak satu gol pun ke gawang lawan. Rinciannya, mereka kebobolan 18 gol melawan Australia, 4 gol melawan Thailand, dan 6 gol kontra Filipina.

Susunan Pemain

Filipina (4-4-2): Olivia Davies-McDaniel; Eva Silva Madarang, Dominique Jaylin Randle, Ryley Bugay, Malea Louise Cesar; Carleigh Frilles, Jessica Miclat, Tahnai Annis, Katrina Jacqueline Guillou; Chandler Blue Isip McDaniel, Sarina Bolden. Pelatih: Alen Stajcic.

Indonesia (4-4-2): Riska Aprilia; Tia Darti Septiawati, Vivi Oktavia Riski, Shalika Aurelia Viandrisa, Pani Tri Oktavianti; Octavianti Dwi Nurmalita, Remini Chere Rumbewas, Maulina Novryliani, Baiq Amiatun Shalihah; Zahra Muzdalifah, Insyafadya Salsabillah. Pelatih: Rudy Eka Priyambada.