Soal Proses dalam Sepak Bola, Ketum PSSI dan Haruna Sumitro Tak Sejalan
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) berbincang dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI dan salah statu anggota Exco, Haruna Sumitro rupanya punya pandangan tak sejalan soal pentingnya sebuah proses dalam sepak bola.

Iriawan menegaskan, proses merupakan jalan yang mesti dilewati untuk mencapai tujuan. Ia juga percaya bahwa setiap pencapaian bagus juga tak lepas dengan adanya proses.

"Misalnya, dari sini (Jakarta) mau ke Bogor, masa tiba-tiba sampai di Bogor? Tentu, kan, harus melewati jalan tol atau jalan biasa, bisa naik mobil, kereta api atau pesawat. Itulah prosesnya dan kami percaya pada proses itu," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu dikutip dari Antara.

Analogi itu jugalah yang kemudian ia terapkan terhadap sepak bola di Tanah Air. Menurut Iriawan, tidak ada tim nasional yang bisa berprestasi tanpa adanya proses panjang dan jatuh bangun.

Iriawan juga mencontohkan agar para pemain muda berani mengambil langkah demi bisa mengantongi banyak jam latihan dan pertandingan agar perfoma serta kemampuan mereka terus meningkat.

"Saya yakin, kepercayaan terhadap proses akan membentuk hasil yang baik," tuturnya.

Terkait pandangan Iriawan, ternyata berbanding terbalik dengan pernyataan Haruna Sumitro. Sebelumnya anggota Exco itu menyatakan dalam sebuah video singkat bahwa yang terpenting dalam sepak bola adalah hasil bukan proses.

"Ya, memang gitu sepak bola. Di sepak bola itu orang tak mau lihat proses. Yang dilihat hasil," ujar Haruna ketika itu dikutip dari video singkat yang diunggah di kanal Youtube JPNN.com.

Pernyataan Haruna tersebut langsung menuai reaksi protes dari netizen. Terlebih kalimat tersebut juga diarahkan Haruna untuk menyindir pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang dianggapnya sama saja dengan pelatih lain yang hanya bisa membawa timnas ke final Piala AFF tanpa membawa pulang gelar juara.

Pernyataan Haruna untuk Shin Tae-yong itu kemudian membuat netizen bereaksi dan memunculkan tanda pagar (tagar) #HarunaOut di media sosial sebagai desakan agar Haruna keluar dari PSSI. Bersamaan dengan itu, netizen beramai-ramai pasang badan demi memberikan dukungan kepada Shin Tae-yong.