Naomi Osaka Puncaki Daftar 10 Atlet dengan Bayaran Tertinggi Versi Forbes, Nilainya Rp820,7 Miliar
Naomi Osaka (Instagram @naomiosaka)

Bagikan:

JAKARTA – Petenis Jepang, Naomi Osaka, menjadi atlet putri dengan penghasilan tertinggi di dunia. Ia memuncaki daftar terbaru yang diterbitkan oleh majalah bisnis ternama, Forbes.

Pemilik empat grand slam itu mengalahkan Serena Williams dan kakaknya Venus Williams dalam daftar yang diterbitkan pada Kamis, 13 Januari.

Serena dan Venus berturut-turut mengisi dua tempat di belakang Osaka. Serena membuntuti di posisi kedua dengan penghasilan 45,9 juta dolar AS atau Rp656 miliar, sedangkan Venus menyusul di urutan ketiga dengan 11,3 juta dolar AS atau Rp161 miliar.

Sementata itu, pesenam Amerika Simone Biles dengan penghasilan 10,1 juta dolar AS (Rp144 miliar) menguntit di posisi keempat. Kemudian petenis Spanyol Garbine Muguruza melengkapi lima besar dengan 8,8 juta dolar atau Rp125 miliar.

Mengutip Antara, Osaka mengumpulkan hadiah uang dan dukungan promosi brand sebesar 57,3 juta dolar AS atau senilai Rp820,7 miliar selama setahun terakhir.

Hampir semua penghasilannya berasal dari portofolio dukungan brand. Menurut perkiraan ada tambahan lebih dari 10 mitra brand selama satu setengah tahun terakhir.

Atlet tenis menempati lima dari 10 tempat dalam daftar terbaru itu. Ini menandai penghitungan terendah olahraga tersebut dalam lebih dari satu dekade.

Menurut Forbes, ada perubahan dramatis dari 2019 ketika para petenis mengklaim 10 tempat dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi.

Secara kolektif, 10 atlet putri dengan bayaran tertinggi memperoleh total 166,6 juta dolar AS atau Rp2,3 triliun. Angkat itu mengalami peningkatan 23 persen dari tahun 2020.

Lima nama lain yang masuk daftar sepuluh atlet dengan bayaran tertinggi adalah pegolf Korea Selatan Ko Jin-young dengan 7,5 juta dolar AS atau Rp107 miliar di posisi keenam.

Kemudian pebulutangkis India P.V. Sindhu dengan 7,2 juta dolar AS atau Rp103 miliar dan petenis nomor satu dunia Ashleigh Barty dengan 6,9 juta dolar AS atau Rp98 miliar di tempat kedelapan.

Di posisi kesembilan menjadi milik pegolf Nelly Korda yang punya penghasilan 5,9 juta dolar AS (Rp84 miliar) dan terakhir pebasket Candace Parker dengan penghasilan 5,7 juta dolar AS atau Rp81,5 miliar.