Klausul Pelepasan Messi Rp12 Triliun, Kalau Dibelikan Masker Bisa Dapat Segini
Lionel Messi (Instagram @leomessi)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Lionel Messi terus jadi bahan perbincangan. Keinginannya untuk meninggalkan Barcelona menyedot perhatian klub-klub dunia. Tapi masalahnya, klausul pelepas Messi sebesar 700 juta euro (sekira Rp12 triliun) cukup tinggi sehingga hanya segelintir klub yang mampu menebusnya.

Terpikirkan tidak? Jika uang sebanyak itu dibelikan masker untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di saat pandemi seperti sekarang kira-kira dapat berapa banyak?

Sekarang kita samakan dulu persepsinya. Ada tiga golongan masker yang digunakan di saat pandemi. Ketiganya adalah masker kain, masker bedah dan masker N95.

Masker kain dapat digunakan oleh masyarakat saat berada di tempat umum. Masker jenis ini minimal memiliki tiga lapisan dan jika sudah basah, bisa dicuci untuk digunakan kembali.

Sementara itu, masker bedah juga umum ditemukan di pasaran. Masker jenis ini terdiri dari tiga lapisan yang bisa mencegah tingkat penularan COVID-19, yaitu kain spunbond, filter melt blown dan spunbond. 

Adapun masker N95, khusus untuk tenaga medis yang sehari-hari menangani pasien COVID-19. Masker itu terdiri dari empat sampai lima lapisan, lapisan luarnya berupa polypropylene, kemudian ada lapisan elektrit.

Berdasarkan harga yang tercantum di sejumlah e-commerce, harga masing-masing jenis masker berbeda-beda. Untuk semua jenis yang bermerek, masker kain dihargai Rp80 ribu/buah, masker bedah Rp150 ribu/boks, sedangkan masker N95 Rp1 juta/boks dan Rp100 ribu/buah.

Dengan jumlah uang yang bisa digunakan untuk menebus klausul pelepasan Messi, Rp12 triliun, kita bisa membeli 150 juta buah masker kain, 80 juta boks masker bedah, dan 12 juta boks atau 120 juta buah masker N95.

Kalau Anda punya uang sebanyak itu, mau buat beli apa?