Pertemuan Bartomeu dengan Jorge Bisa Putuskan Masa Depan Messi
Lionel Messi dan Josep Maria Bartomeu (Foto: MARCA)

Bagikan:

JAKARTA - Jorge Messi diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan Josep Maria Bartomeu hari ini, Rabu, 2 September waktu setempat saat saga Lionel Messi mencapai klimaksnya. Ayah sekaligus agen Leo terbang ke Barcelona dari Rosario dengan jet pribadi pada Selasa kemarin untuk membahas situasi putranya di klub. 

Di satu sisi, Messi ingin meninggalkan Barcelona dan yakin secara hukum dia bisa melakukannya secara gratis selama jendela transfer saat ini. Di sisi lain, Barcelona tidak ingin kehilangan dia dan bersikeras bahwa klausul pelepasan sebesar 700 juta euro miliknya tetap berlaku.

Semua hal dipertaruhkan Bartomeu dalam hal ini - jika dia mengizinkan Messi pergi, dia akan menjadi presiden yang membiarkan dua pemain bintangnya pergi. Sebelum Messi, ada Neymar yang pergi ke Paris Saint-Germain tiga tahun lalu.

Sang presiden mengambil langkahnya sejak awal, menawarkan pengunduran dirinya jika Messi keluar dan berkata dia adalah alasan di balik keinginan Messi untuk pergi. Namun, kapten Argentina itu membelokkan permainan seperti dia akan menggiring bola melewati lawan di lapangan.

Bagaimana pun, Bartomeu berhasil membuat Jorge Messi untuk bertemu dengannya secara langsung. Ia meyakini, pertemuan tatap muka itu bisa menjadi apa yang diperlukan untuk meyakinkan Leo untuk tetap tinggal. 

Melansir MARCA, Rabu, Bartomeu akan menawarkan perpanjangan kontrak kepada Messi hingga 2022 dengan persyaratan yang telah disepakati pemain beberapa bulan lalu.

Klausul pelepasan yang sebelumnya sudah ada dalam kontrak La Pulga akan tetap berlaku. Ini memungkinkan dia untuk pergi jika dia mau pada akhir musim depan - ketika Bartomeu akan meninggalkan klub. 

Jika dia bisa membuat Jorge dan Leo setuju dengan kesepakatan yang ia ajukan, Bartomeu akan menghindari stigma sebagai orang yang membiarkan Messi kabur ke Manchester City asuhan Pep Guardiola. 

Bartomeu harus sangat persuasif, karena keinginan Messi - yang akan diulang oleh ayahnya - masih tetap meninggalkan Camp Nou. Jika Bartomeu tidak dapat meyakinkan Messi untuk menandatangani kesepakatan baru, maka pembicaraan akan berlanjut ke tahap berikutnya - menegosiasikan proses kepergian Messi secepatnya.

Kedua pihak kemudian akan menyetujui harga yang diminta - Bartomeu tahu untuk tidak meminta 700 juta euro karena Messi punya ragumentasi secara hukum untuk melawan hal itu. Messi tidak ingin masalah ini dibawa ke pengadilan, jadi, daripada menuntut pergi secara gratis sekarang, dia akan meminta Barcelona untuk menetapkan harga yang diminta. 

Idenya adalah agar harga permintaan yang disepakati menjadi sesuatu yang cocok untuk klub seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain. 

Kemudian, setelah kesimpulan tercapai, Jorge akan mendiskusikan hal tersebut dengan putranya dan resolusi akhir akan diputuskan.