Barcelona Bakal Tuntut Media Spanyol El Mundo yang Bocorkan Dokumen Penting Lionel Messi 
Lionel Messi (Instagram @leomessi)

Bagikan:

JAKARTA — Barcelona bersiap menempuh jalur hukum terhadap media Spanyol, El Mundo, yang membocorkan isi tuntutan Lionel Messi untuk memperpanjang kontraknya di tahun 2020 lalu.

Informasi terkait permintaan Messi itu dibocorkan pekan ini. Dalam laporan itu La Pulga mengharuskan Barcelona memenuhi sembilan tuntutan utama agar ia tidak hengkang dari Camp Nou.

Bocornya dokumen rahasia itu membuat Barcelona naik darah. Mereka menyayangkan cara El Mundo memperburuk citra klub.

"Sehubungan dengan informasi yang dipublikasikan hari ini di El Mundo del Siglo XXI dengan judul 'Bara Leaks, the Club's secret files part 1', FC Barcelona mengungkapkan kemarahannya atas kebocoran informasi yang disengaja yang merupakan bagian dari proses hukum," tulis Barcelona di situs mereka.

"Klub menyesal bahwa media yang bersangkutan membanggakan memiliki "akses ke sejumlah besar dokumen dan email yang merupakan bagian dari penyelidikan Barcagate" ketika informasi ini belum dibagikan," lanjut pernyataan itu.

Dua dari sembilan tuntutan yang diajukan Messi tersebut kemudian ditolak presiden Barcelona saat itu, Josep Maria Bartomeu. Dua tuntutan dimaksud adalah bonus perpanjangan kontrak bernilai 10 juta Euro dan penghapusan klausul pelepasan.

Sembilan tuntutan Lionel Messi itu diperoleh EL Mundo melalui sejumlah akses surel dan dokumentasi yang berhubungan dengan Barcagate, kasus korupsi yang melibatkan Bartomeu.

"Bagaimanapun, artikel yang dipermasalahkan membuat dokumen publik yang ada hubungannya dengan kasus yang sedang berlangsung dan penggunaannya merupakan penghinaan terhadap reputasi dan kerahasiaan klub. Untuk alasan itu, dan dengan tujuan melindungi hak-hak Barcelona, ​​​​bagian hukum klub sedang mempelajari langkah-langkah hukum yang perlu diambil," tambah Barcelona.

Barcelona berupaya menemukan solusi sepanjang periode 2020 sampai 2021 agar Messi mau menambah masa tinggalnya di Camp Nou. Namun, kedua bela pihak tidak juga menemukan kesepakatan hingga kontrak La Pulga berakhir di 2021.

Messi kemudian memutuskan pindah ke Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer. Perpindahannya itu berhasil mengejutkan bursa tranafer pada saat itu.

Berikut sembilan tuntutan Lionel Messi:

1). Perpanjangan kontrak selama tiga tahun;

2). Tribun privat untuk keluarganya dan Luis Suarez;

3). Bonus perpanjangan kontrak 10 juta euro;

4). Menghapus klausul pelepasan;

5). Melunasi pemotongan gaji efek pandemi COVID-19 bersama bunga;

6). Sebuah pesawat pribadi untuk penerbangan ke Argentina saat Natal;

7). Kenaikan gaji apabila pajak naik;

8). Kontrak asisten pribadi Pepe Costa harus dilanjutkan; dan

9). Komisi untuk saudaranya, Rodrigo Messi.