Konyol! Riko Simanjuntak Salah Pakai Jersey saat Persija Dikalahkan Persipura, Sanksi Menanti
Riko Simanjuntak salah pakai jersey (Instagram.com/@ultras.id)

Bagikan:

JAKARTA - Momen konyol terjadi di laga Persija Jakarta melawan Peripura Jayapura, Selasa, 11 Januari kemarin. Riko Simanjuntak salah pakai jersey yang membuat Macan Kemayoran terancam kena denda.

Kejadian bermula ketika Riko memasuki lapangan usai jeda turun minum. Pemain tandem Marco Simic itu ternyata masuk ke lapangan dengan jersey yang bukan miliknya.

Riko sendiri sejatinya menggunakan jersey dengan nomor punggung 25 di babak pertama. Tapi saat masuk di babak kedua, ia malah memakai jersey bernomor 31.

Padahal, jersey nomor 31 adalah milik Samuel Christianson Simanjuntak. Samuel merupakan rekrutan anyar Persija di bursa transfer paruh musim Liga 1 2021 yang didatangkan dari Madura United.

Kekeliruan yang dialami Riko di laga ini sepertinya bisa dimaklumi. Sebab jika melihat fakta, kedua pemain ini baik Riko atau Samuel memang sama-sama punya nama belakang serupa, yaitu Simanjuntak yang disematkan di jersey masing-masing.

Untungnya, kekhilafan Riko tersebut disadari oleh ofisial Persija yang langsung meminta sang pemain menukar jersey. Tiga menit berselang, Riko juga sudah terlihat memakai jersey miliknya sendiri bernomor 25.

Kendati insiden ini merupakan kekhilafan, Persija terancam dijatuhi denda serius. Pasalnya, hal tersebut sudah melanggar regulasi Liga 1 2021 pasal 44 ayat 3.

Insiden tertukarnya jersey ini sebelumnya pernah dialami kiper PSIS Semarang, Jandia Eka Putra. Saat laga PSIS kontra PSM Makassar Jandia bermain dengan menggunakan jersey kiper cadangan, Joko Ribowo.

Akibatnya, Laskar Mahesa Jenar dikenai hukuman berupa denda Rp10 juta. Bukan tidak mungkin Persija pun dijatuhi denda dengan jumlah yang sama.

Bukan cuma terancam denda, laga kontra Persipura ini juga menuai hasil pahit bagi Persija. Sebab, mereka gagal merebut poin setelah dikalahkan Mutiara Hitam 1-2.