Penyelenggara Sebut Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-16 dan U-19
Ilustrasi pemain timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Piala AFF kelompok umur yang akan diselenggarakan tahun ini semakin dekat. Indonesia disebut mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah salah satu agenda FIFA tersebut.

Dalam laman resminya, AFF merilis lima agenda Piala AFF di berbagai kelompok umur yang akan diikuti Brunei Darussalam. Dua di antaranya, yakni Piala AFF U-16 dan U-19 disebut bakal dihelat di Indonesia.

Brunei Darussalam tercatat sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala AFF U-23 2022. Sementara Thailand akan menjadi tuan rumah Piala AFF Futsal baik kejuaraan antarklub dan negara.

"FA Brunei Darussalam (FABD) telah menyatakan niatnya untuk mengikuti lima kompetisi yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) tahun ini," demikian rilis resmi AFF.

Namun, konfirmasi keikutsertaan Brunei masih bergantung pada persetujuan pemerintah mereka terkait regulasi bepergian ke luar negeri mengingat kondisi COVID-19 saat ini.

Berbeda dengan Piala AFF tim senior yang dimulai sejak 1996, Piala AFF U-16 dan U-19 baru digelar pada 2002. Namun begitu, Indonesia punya catatan baik karena pernah meraih juara di turnamen tersebut.

Timnas U-19 pernah mencicipi trofi juara pada Piala AFF 2013. Kala itu, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan sukses mengalahkan Vietnam lewat babak adu penalti dengan skor 7-6 di Stadion Delta Sidoarjo, Indonesia.

Timnas U-16 sukses merebut gelar juara Piala AFF 2018 usai menaklukkan Thailand di stadion yang sama. Kali ini eranya Bagus Kahfi dan kawan-kawan menang 4-3 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Dengan catatan manis tersebut, Indonesia punya peluang besar untuk mengulangi kesuksesan menjadi juara ketika berstatus sebagai tuan rumah di Piala AFF kelompok umur.