Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 baru saja menjadi juara Piala AFF U-19 2024 usai membungkam Thailand U-19 dengan skor 1-0 pada laga final di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin, 29 Juli 2024.

Penantian 11 tahun puasa gelar di turnamen ini tuntas terbayar. Terakhir kali Garuda Muda berhasil keluar sebagai juara Piala AFF U-19 ialah pada edisi 2013.

Namun, Indonesia U-19 tak boleh berpuas diri. Piala AFF U-19 2024 hanya sasaran antara. Ujian sesungguhnya ialah Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada September 2024.

Indonesia U-19 ditargetkan bisa lolos kualifikasi alias melaju ke putaran final Piala Asia U-20 2025 yang dihelat di China.

"Pertama, saya mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT karena tahun kemarin ada medali emas SEA Games 2023, tahun ini ada Piala AFF U-19. Tentu untuk saya, itu menjadi motivasi agar berbuat yang lebih baik lagi," kata Indra Sjafri, pelatih Indonesia U-19.

"Kedua, tentu ini trofi dan medali untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, yang mana tim ini dipersiapkan lebih kurang tujuh bulan, ya, mulai Januari 2024."

"Tentu juara Piala AFF U-19 ini menjadi modal baik kami untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia U-20 2025. Kami sangat yakin," ujar sang pelatih lagi.

Kehadiran pasukan Garuda Muda yang berhasil menjadi juara Piala AFF U-19 2024 sekaligus menjadi tanda bahwa pelapis Timnas Indonesia bertumbuh dengan baik.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dia menyebut talenta muda Indonesia terus lahir untuk menjadi tulang punggung Timnas Indonesia senior ke depan.

"Alhamdulillah, setelah terakhir juara tahun 2013, atau 11 tahun yang lalu, Timnas Indonesia U-19 yang terdiri dari pemain pelapis, tak hanya punya skill bagus, tapi juga memiliki mental juara."

"Jadi, luar biasa. Saya senang kemarin Indonesia U-16 di ASEAN (Piala AFF U-16 2024) juga mestinya bisa (juara). Paling tidak Indonesia U-16 bisa ke final, tapi belum (hanya meraih peringkat ketiga). Sekarang, Indonesia U-19 juara," ujar Erick Thohir.

Komposisi Timnas Indonesia U-19 saat ini didominasi para pemain dari klub-klub Liga 1. Hal itu menunjukkan bahwa Indonesia dibekali bibit-bibit muda potensial yang matang di liga.

"Jadi kita kembali, paling tidak punya talenta-talenta yang bisa memperkuat kehidupan tim nasional kita."

"Pasti 'kan tim nasional pun ada yang nanti umurnya lebih tua lagi dan lain-lain. Mudah-mudahan sebagai bagian bagaimana sepak bola itu memang harus dibangun dari bawah, tidak hanya dari atas," kata Ketum PSSI lagi.

Sementara itu, Indonesia U-19 sudah dinanti Kualifikasi Piala Asia U-20 2024. Mereka tergabung di Grup F bersama Yaman, Timor Leste, dan Maladewa.

Seluruh pertandingan tersebut akan digelar Indonesia yang menjadi tuan rumah.